Talentics Blog

Tren, Wawasan, dan Opini seputar HR & People Analytics

Recruitment and Employer Branding

6 Cara Kerja ATS dalam Menyeleksi Resume secara Tepat

03 Nov 2022 Luqman Hafidz

Terminologi ATS yang merupakan singkatan dari Application Tracking system yang cukup sering dibicangkan oleh banyak praktisi SDM. Namun, beberapa belum sepenuhnya memahami bagaimana perusahaan dapat memperoleh manfaat dari penggunaannya.

Apa tujuan utama dari ATS?

Perangkat lunak ATS merupakan sistem yang dirancang untuk membuat proses perekrutan karyawan lebih mudah dan cepat. Sistem ini menghadirkan fitur-fitur yang memungkinkan perusahaan untuk menyortir resume dalam jumlah yang banyak secara lebih efisien dan terstruktur. Berikut adalah 6 cara kerja ATS dalam menyeleksi resume secara tepat beserta manfaatnya yang telah Talentics.id rangkum.

Mempercepat Proses Rekrutmen

Perusahaan yang merekrut setidaknya 20 pekerja baru setiap tahun akan memperoleh manfaat maksimal yang ditawarkan oleh ATS. Jika satu posisi setidaknya dilamar oleh 100 orang, ATS dapat menyortir semua resume yang masuk dari posisi nomor satu sampai terakhir dalam hitungan detik saja. Hal ini tentu akan mempercepat proses rekrutmen untuk tahapan berikutnya karena hanya kandidat terbaik dengan pengalaman dan spesifikasi yang paling sesuai saja yang akan menduduki posisi teratas.

Proses rekrutmen terkadang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Hal ini dapat berimbas pada kurangnya staff untuk beberapa divisi diperusahaan yang tentunya dapat mencederai kualitas pekerjaan serta kualitas layanan pelanggan. Penggunaan sistem ATS yang etlah menggunakan otomatisasi akan membantu mempercepat proses ini sehingga masalah kekurangan staff dapat diminimalisir.

Menyaring Lebih Banyak Top Talent

Tak hanya perusahaan yang mencari kandidat terbaik, para kandidat juga tentunya mencari perusahaan terbaik untuk bekerja. Penggunaan ATS akan mempermudah proses melamar pekerjaan dari sisi kandidat yang akan melamar pekerjaan. Apabila perusahaan anda masih menggunakan formulir yang mewajibkan setiap pelamar pekerjaan mengisi setiap kolom secara manual, ada risiko penurunan sejumlah kandidat yang tidak melanjtkan prosesnya dikarenakan sistem yang cukup rumit.

Era digital tidak dapat lagi dihindari dalam proses perekrutan kandidat terbaik. Banyak diantara mereka yang telah menormalkan proses melamar perkerjaan yang tidak lebih dari beberapa klik, unggah resume terbaru, dan mendapatkan hasil secara cepat. Apabila salah satu dari proses tersebut belum tersedia, banyak diantaranya yang tidak meneyelsaikan lamaran. Penggunaan sistem ATS akan menghilangkan salah satu proses paling menjengkjelkan dari melamar kerja, yaitu mengisi semua kolom informasi secara manual yang semuanya telah sebelumnya dipersiapkan dalam resume.

Meningkatkan Kualitas Rekrutmen

Satu lamaran pekerjaan dapat diserbu oleh ratusan kandidat yang belum tentu memiliki kualifikasi dan pengalaman yang sesuai. Proses penyortiran secara manual dapat memperbesar kemungkinan kandidat yang tidak sesuai lolos penyortiran akibat human-error. Hal seperti ini sungguh tidak diharapkan dan dapat diminimailsir dengan Penggunaan ATS.

Tidak hanya mempermudah, proses penyaringan kandidat akan lebih terstruktur menggunakan sistem ranking. Hal ini akan bermanfaat pada meningkatnya kualitas rekrutmen dan ditemukannya kandidat dengan terbaik menggunakan filter khusus yang dapat dimodifikasi sesuai dengan posisi yang dibutuhkan, baik itu softskill maupun hardskill tanpa harus bekerja secara manual untuk menyortir semua resume yang masuk.

Meningkatkan Branding Perusahaan

Proses branding perusahaan saat ini tidak terbatas melalui media perusahaan saja, namun pada kerjasama dengan perusahaan-perusahaan bonafide lainnya. Melakukan proses kerjasama dengan perushaan ATS akan membawa nama perusahaan semakin terdepan. Hal ini dapat terjadi karena logo perusahaan akan terpampang pada banyak media perusahaan ATS. Sambil menyelam minum air, Tak hanya menemukan kandidat terbaik dalam waktu yang singkat, Penggunaan ATS juga dapat memperluas nama perusahaan di era digitalisasi.

Terintegrasi dengan Media Sosial Profesional

Media sosial profesional seperti Linkedin sebagai salah satu talent-pool yang cukup bermanfaat bagi perusahaan. Selain menjadi sarana unruk berbagi tentang hal-hal mengenai pekerjaan, media ini juga dimanfaatkan banyak perusahaan untuk membagikan info lowongan pekerjaan terbaru yang selanjuntya dihubungkan pada laman ATS dimana para kandidat yang tertarik hanya perlu melakukan beberapa klik untuk menyelesiakan prosesnya. Dengan jumlah pengguna yang mencapai hampir 850 juta pada tahun 2022 ini, integrasi antara ATS dan media sosial sangat bermanfaat.

Laporan Data yang mudah diakses

Data merupakan sumber minyak yang paling terbaru dan menggunakan ATS sama dengan memproduksi sumber minyak secara mandiri bagi perushaan. Semua tahapan proses rekrutmen yang diambli menggunakan ATS memiliki funnel metriks yang dapat disupervisi kapanpun baik oleh staf maupun manajer perusahaan. Hal ini akan memberi peluang perusahaan untuk memiliki sistem yang terintegrasi dan efisien dalam proses perekrutan talent.

Talentics.id dapat mempermudah proses perekrutan talent yang terintegrasi tak hanya dengan sosial media, namun juga career centre, internal referrence, bahkan company webite. Permudah pencarian top talent untuk semua posisi bersama Talentics dengan data yang kompeten dan akurat.

 

Author

Written by Luqman Hafidz

Related Posts

No related post