Table of Contents

Jelajahi platform kami sekarang

Dapatkan Insights HR terbaru dengan berlangganan Newsletter Kami

Related Posts

Talentics Insight: Gaya Kepemimpinan Lintas Generasi

5 gaya kepemimpinan disertai analisis hasil Talentics Team Dynamic Test yang diambil oleh para manajer.

Kecocokan seorang pemimpin dengan timnya akan sedikit banyak dapat mempermudah interaksi dan meminimalisir terjadinya konflik internal. Namun setiap karyawan tentu memiliki tipe pemimpin idealnya yang mungkin saja berbeda satu sama lain. Artikel ini akan membahas 5 gaya kepemimpinan disertai dengan penjabaran hasil analisis tes yang diambil oleh para manajer yang datanya dihimpun langsung oleh praktisi talentics.

Penjelasan 5 Gaya Kepemimpinan

Menurut Bernard M. Bass, cendekiawan asal Amerika Serikat di bidang kepemimpinan, terdapat 5 tipe kepemimpinan yang membedakan setiap individu dalam memimpin anggotanya. Tipe kepemimpinan tersebut terbagi menjadi The Commander, The Delegator, The Integrator, The Determinator, dan The Persuader.

1.   The Commander

The Commander adalah salah satu tipe pemimpin yang dikenal sangat tegas dan menempatkan pencapaian tujuan dan peningkatan hasil kerja sebagai prioritas utama.

Karakteristik pemimpin  jenis ini cenderung dominan dan menginginkan kontrol penuh terhadap alur kerja anggota kelompoknya.

Efektivitas pemimpin ini terlihat pada lingkungan kerja yang terstruktur dengan batasan yang sangat jelas antara peran atasan dan bawahan. Namun, mereka kurang tertarik untuk berinteraksi dengan anggota tim dan kurang terbuka pada pendapat dan usulan dari anggota tim.

Kelebihan

Tantangan

Fokus pada tujuan dan hasil

Minim kolaborasi anggota

Struktur dan hirarki yang jelas

Tidak adaptif terhadap perubahan

Pengambilan keputusan yang terpusat

Anggota kelompok tidak bisa membuat keputusan sendiri

Dengan kelebihan dan tantangan tipe pemimpin the commander, mereka cocok untuk ditempatkan di bidang:

  • Militer
  • Keamanan
  • Produksi
  • Bisnis atau bidang yang memiliki sistem kerja yang jelas dan terstruktur.

2.   The Delegator

The Delegator dapat digambarkan sebagai pemimpin dengan ekspertise dalam merencanakan dan mendelegasikan tugas kepada setiap anggotanya. Dengan kecenderungan untuk membangun hubungan harmonis dengan anggota kelompok dan pemahaman bagaimana tugas terbaik dapat didelegasikan. Secara umum,  gaya kepemimpinan The Delegator membantu meningkatkan kemandirian anggota.

Kelebihan

Tantangan

Memberikan independensi

Melacak akuntabilitas

Komunikasi yang terbuka

Proses monitoring

Anggota belajar problem solving mandiri

Kerjasama yang kohesif

Dengan kelebihan dan tantangan dari gaya kepemimpinan The Delegator, mereka cocok untuk ditempatkan di bidang:

  • Desain
  • Edukasi
  • Human Resources
  • Bisnis atau bidang yang memberikan independensi dan cara bekerja masing-masing pada setiap karyawan.

3.   The Integrator

Gaya kepemimpinan the Integrator dapat diidentifikasi sebagai pemimpin yang mengintegrasi dan melibatkan semua anggota tim dalam proses kerja. Mereka bersikap sangat terbuka untuk menerima ide dan pendapat dari setiap anggota kelompok dan memastikan semua orang mempunyai pendapat yang diperhitungkan.

Kepemimpinan Integrator ditandai dengan proses diskusi dimana  semua anggota memperoleh kesempatan yang sama untuk berbicara dan terlibat aktif dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan. Buka tanpa tantangan, seringkali proses pengambilan keputusan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Kelebihan

Tantangan

 Karyawan merasa dihargai

 Proses diskusi panjang

 Terbuka atas ide dan inovasi terbaik

 Hak prerogatif pemimpin tidak signifikan

 Kantor lebih demokratis

 Sulit mengambil keputusan saat kondisi kritis

Dengan kelebihan dan tantangan dari gaya kepemimpinan the integrator, mereka cocok untuk ditempatkan di bidang:

  • Kesehatan
  • Organisasi Non Profit
  • Riset dan Development
  • Bisnis atau bidang yang melibatkan setiap anggota untuk mencapai keputusan atau penemuan terbaik.

4.   The Determinator

Manajer dengan gaya kepemimpinan The Determinator adalah sosok yang dapat menerima masukan dan pendapat dari anggota tim, namun memiliki otoritas untuk membuat keputusan akhir. Mereka memiliki kemampuan untuk mempertimbangkan setiap alternatif dan membuat keputusan yang terbaik.

Tipe pemimpin ini juga memiliki kemampuan untuk mempengaruhi dan memotivasi anggota tim untuk menerima keputusan yang dibuat. Namun, proses pengambilan keputusan yang melibatkan berbagai pendapat dan masukan dapat membuat proses menjadi lebih lama dan kurang efektif saat harus mengatasi masalah yang mendesak.

Kelebihan

Tantangan

 Pengambilan keputusan cepat

 Minim kolaborasi antar karyawan

 Aspirasi karyawan didengar

 Berpotensi menjadi konflik

 Komunikasi jelas dan terarah

 Inovasi yang terbatas pada pilihan manajer

Dengan kelebihan dan tantangan dari gaya kepemimpinan the determinator, mereka cocok untuk ditempatkan di bidang:

  • Teknologi
  • Sales dan Marketing
  • Manufaktur dan konstruksi
  • Bisnis atau bidang yang membutuhkan komunikasi yang jelas dan on-time diperlukan.

5.   The Persuader

Gaya kepemimpinan The Persuader diidentifikasi sebagai tipe pemimpin yang memanfaatkan kemampuannya dalam memotivasi anggotanya dengan memahami apa yang memotivasi mereka. Sosok ini sangat senang dalam bernegosiasi dan memastikan bahwa anggotanya merasa terlibat dan berpartisipasi aktif dalam tugas mereka. The Persuader memiliki kemampuan untuk mempengaruhi anggotanya dengan pendekatan yang kreatif dan inovatif untuk mencapai hasil terbaik.

Kelebihan

Tantangan

 Negosiasi untuk semua anggota tim

 Objektivitas

 Memotivasi

 Prioritas yang tidak begitu jelas

 Cara pendekatan yang personal

 Tendensi manipulatif

Dengan kelebihan dan tantangan dari gaya kepemimpinan the persuader, mereka cocok untuk ditempatkan di bidang:

  • Politik
  • Consulting
  • Public Relations

Perbedaan Gaya Kepemimpinan Gen X, Millennial, dan Gen-Z

Data gaya kepemimpinan ini diperoleh dari hasil tes Talentics Team Dynamic Mapping yang ditujukan untuk mengidentifikasi pola berperilaku, partisipasi, dan komunikasi antara manajer dan karyawan dalam sebuah tim, namun dapat juga untuk melihat interaksi antara karyawan dengan karyawan lainnya.

Persentase peserta yang mengambil tes ini beragam dengan dominasi terbanyak dari Generasi Y atau Millennial sebanyak 76%, 14% berasal dari Generasi X, dan sisanya dari Gen-Z. Hasil identifikasi dari hasil test tersebut adalah sebagai berikut:

1.   Gen Z dan Millennial: Pendapat Tim Penting, Pengambilan Keputusan Tetap dari Manager

Apabila diperhatikan, terdapat kemiripan dari gaya kepemimpinan yang populer dari para pemimpin Millennial dan Gen-Z dimana gaya kepemimpinan The Determinator paling unggul. Manajer dengan gaya kepemimpinan seperti ini akan memberikan waktu kepada semua anggota tim untuk menyampaikan aspirasi secara baik secara individu maupun dalam meeting terbuka, namun pengambilan keputusan akhir tetap berdasarkan keputusan manajer dengan pertimbangan informasi yang telah disampaikan anggota lain.

2.   Gen X: Mendelegasikan Tugas itu Penting

Manajer yang tergabung dalam Generasi X atau berumur 43-59 pada tahun 2023 mayoritas memiliki gaya kepemimpinan the delegator, atau tipe pemimpin yang senang dan kompeten dalam mendelegasikan tugas kepada semua anggota timnya.

3.   Gaya Kepemimpinan Semi-Militer Masih Kental di Semua Generasi

Satu hal yang menjadi poin penting adalah gaya kepemimpinan yang lebih condong ke semi militer atau biasa dikenal dengan the commander masih berada pada posisi kedua  bagi para millennial dan Gen-Z, namun hanya bertempat pada posisi ketiga bagi Generasi X.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak

Share:

On Key
Scroll to Top

Talentics

PT. Semesta Integrasi Digital.