Talentics Blog

Tren, Wawasan, dan Opini seputar HR & People Analytics

Recruitment and Employer Branding

Bagaimana Talent Pipelines Menentukan Kesuksesan Rekrutmen?

07 Oct 2020 Asis Budhi

Kesuksesan rekrutmen dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satu hal yang tidak bisa diabaikan ialah keberadaan talent pipelines yang kuat. Tanpa itu, efektivitas perekrutan pasti akan berkurang.

Rekrutmen merupakan salah satu faktor penting bagi kesuksesan perusahaan. Jika proses rekrutmen tidak berjalan dengan baik, kandidat yang ‘digaet’ akan menjadi kurang berkualitas. Selain itu, proses perekrutan menjadi lebih lama yang akhirnya mendorong perusahaan untuk mengeluarkan biaya tinggi.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, talent pipelines menjadi jawabannya. Keberadaan talent pipelines yang solid akan memastikan rekrutmen berjalan efektif.

Apa itu Talent Pipelines?

Talent pipelines bisa dimaknai sebagai kumpulan kandidat-kandidat potensial yang secara kompetensi dan pengalaman cocok untuk mengisi posisi lowong di masa depan.

Kumpulan kandidat tersebut dapat berasal dari dari dalam atau luar perusahaan. Siapa saja di internal perusahaan yang dinilai punya kualifikasi mumpuni dan berpotensi untuk satu posisi bisa saja dimasukkan ke sana. Begitu pula halnya dengan kandidat dari luar perusahaan.

Keberadaan talent pipelines yang baik menjadi hal mutlak bagi sebuah perusahaan. Tanpa itu, kesuksesan perusahaan dipertaruhkan. Sebagai contoh ketika ada seorang karyawan yang menangani klien besar pergi dari perusahaan, talent pipelines yang kuat akan memudahkan rekrutmen. Perusahaan bisa menemukan penggantinya dari talent pipelines yang dimiliki.

Bayangkan jika perusahaan tidak memiliki talent pipelines yang solid. Proses penggantian karyawan akan berjalan lambat. Terbayang jelas kerugian dari berbagai segi yang dirasakan perusahaan ketika ada satu posisi vital yang tidak terisi.

Untuk itu, memenuhi kandidat di dalam talent pipelines amatlah vital. Namun, Anda tidak bisa begitu saja memasukkan kandidat ke dalamnya tanpa proses filtering. Sebaiknya, Anda hanya memasukkan kandidat berkualitas ke dalam talent pipelines. Jika tidak, maka talent pipelines akan sia-sia.

Cara Membangun Talent Pipelines

Sedemikian penting talent pipelines untuk perusahaan, maka Anda dan Tim Human Resources (HR) harus tahu cara membangunnya. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat diambil untuk menghadirkan talent pipelines yang kuat.

  • Buat Rencana Jangka Panjang

Anda harus membuat perencanaan jauh ke depan. Lihat arah perusahaan dan kebutuhannya. Anda wajib berpikir dan membayangkan seperti apa karyawan yang dibutuhkan minimal dalam satu atau dua tahun ke depan.

  • Bersiaplah Mencari

Jika employer brand dan candidate persona sudah didefinisikan berdasarkan perencanaan jangka panjang, langkah berikutnya yaitu mencari kandidat potential. Anda dapat memanfaatkan berbagai jalur rekrutmen hingga people analytics untuk mendapatkan kandidat.

  • Buat Interaksi Dengan Kandidat

Segeralah berinteraksi dengan kandidat berkualitas yang ditemukan. Buat relasi untuk memastikan Anda bisa mudah menghubunginya ketika dibutuhkan. Tidak ada salahnya berkata jujur kepada kandidat bahwa mereka dimasukkan ke talent pool Anda.

  • Lakukan Asesmen Rutin

Anda perlu melakukan asesmen rutin kepada para kandidat. Ini penting untuk terus memantau perkembangan dan kualifikasinya. Assessment akan lebih mudah dilakukan pada kandidat dari internal perusahaan. Namun, Anda juga harus bisa menemukan cara untuk melakukan hal serupa kepada kandidat dari luar perusahaan.

Persaingan ketat dalam mendapatkan kandidat berkualitas kini semakin tinggi. Hal ini mempersulit Tim HR dalam membentuk talent pipelines yang kuat. Oleh karenanya, perekrutan kandidat sejak dini bisa dijalankan.

Menjalin talent engagement dengan early talent dapat menjadi kunci sukses. Bersama Talentics, Anda dapat menjalankan campus hiring yang terorganisasi dengan baik. Rekrutmen berbasis data dari Talentics juga dapat menjamin proses perekrutan berjalan efektif dan efisien.

Berkat itu, Anda pun bisa membangun engagement terhadap early talents berkualitas yang merupakan calon-calon future leaders terbaik di perusahaan Anda. Bersama program Campus Hiring Talentics, Anda tidak hanya dapat engage dengan early talents sejak dini, tetapi juga kebutuhan talents pipelines berkualitas pun terpenuhi.

 

Author

Written by Asis Budhi Blog Writer