Table of Contents

Jelajahi platform kami sekarang

Dapatkan Insights HR terbaru dengan berlangganan Newsletter Kami

Related Posts

Beberapa Manfaat Mempekerjakan Early Talents dengan Keberagaman yang Unik

Keberagaman early talents mengacu kepada perusahaan merekrut kandidat yang berbeda-beda terkait aspek seperti etnis, budaya, hingga pendidikan. Namun, di baliknya terdapat tuntutan yang lebih dalam dari sekadar perbedaan latar belakang.

Tren merekrut early talents terus meningkat dari waktu ke waktu. Jika perusahaan Anda merupakan salah satu perusahaan yang sudah menjalankannya, jangan lupa untuk melengkapi strategi rekrutmen Anda dengan keberagaman. Ketika merekrut kandidat dengan mengutamakan keberagaman, perusahaan tentu akan semakin merasakan banyak manfaatnya.

Keberagaman early talents mengacu kepada perusahaan Anda merekrut kandidat yang berbeda-beda terkait berbagai aspek seperti etnis, budaya, hingga pendidikan. Namun, di baliknya terdapat tuntutan yang lebih dalam dari sekadar perbedaan latar belakang. 

Perusahaan harus mampu merekrut talenta yang memiliki ide, kemampuan, hingga perspektif beragam. Aneka perbedaan tersebut diharapkan bisa memperkaya dan meningkatkan kekuatan perusahaan ketika diarahkan ke dalam satu tujuan yang sama. 

Oleh karena itu, Anda dan Tim HR harus bersiap untuk menghadirkan keberagaman early talents dalam perusahaan Anda. Dengan begitu, manfaat besar akan didapat. Kira-kira, apa sajakah itu?

Peningkatan Keuntungan

Keberagaman early talents ternyata membawa beberapa bermanfaat nyata bagi perusahaan. Potensi peningkatan keuntungan pun bisa diperoleh juga, dan hal itu pun terbukti secara empiris.

Hasil riset McKinsey pada 2017 menjadi salah satu contohnya. Mereka menemukan bahwa 25% perusahaan dengan keberagaman gender dan etnis mampu meraup keuntungan lebih tinggi 33% dibanding perusahaan lain.

Sebaliknya, perusahaan yang memiliki keberagaman rendah malah menunjukkan kinerja yang buruk. Performanya 29% di bawah perusahaan lain. Jadi, apakah Anda masih enggan meningkatkan keberagaman di perusahaan?

Kinerja Karyawan Terangkat

Keberagaman early talents juga mampu meningkatkan kinerja karyawan secara umum. Menurut Consistent Recruitment, 72% perusahaan mengakui adanya kaitan langsung antara keberagaman dan produktivitas kerja.

Early talents yang beragam mampu menghadirkan pola pikir yang berbeda-beda. Hal itu bisa mendorong aneka inovasi yang diperlukan perusahaan untuk berkembang.

Jika mampu menghadirkannya, perusahaan Anda akan memiliki keunggulan kompetitif yang dalam bersaing dengan perusahaan lain. Tidak heran, performa perusahaan dengan keberagaman early talents lebih baik dibanding yang lain.

Membentuk Employer Branding yang Positif

Employer brand dipastikan langsung terangkat ketika mampu menghadirkan keberagaman di perusahaan, karena keberagaman dinilai positif oleh publik. Perusahaan dipandang memiliki keterbukaan yang tinggi jika memiliki karyawan dari berbagai latar belakang berbeda.

Berkat itu, jaringan perusahaan jadi lebih luas. Perusahaan Anda pun akan lebih mudah merekrut kandidat dari berbagai latar belakang karena karyawan di dalamnya memang sudah beragam.

Semangat dan Kerja sama yang Membaik

Keberagaman early talents ternyata berdampak ke kerjasama dan semangat kerja. Early talents seperti Gen Z sangat menghargai perbedaan. Latar belakang seseorang yang berbeda dirasa menarik bagi mereka.

Pada akhirnya, hal tersebut memengaruhi semangat kerja. Selain itu, Gen Z yang cenderung kooperatif memang mampu bekerja sama dengan rekan kerja yang berasal dari latar belakang berbeda.

Ketika semangat kerja dan relasi antar karyawan baik, perusahaan akan menikmati manfaatnya. Produktivitas dan efisiensi kerja akan ikut meningkat.

Memperkuat Talent Pipelines

Talent pipelines yang solid mempermudah rekrutmen. Keberagaman early talents bisa menjadi salah satu cara untuk memperkuat talents pipelines.

Fakta di lapangan menunjukkan keberagaman di dalam talent pipelines masih kecil. Laporan Sheryl Sandberg’s LeanIn.org pada November 2019. Menyatakan bahwa mereka menemukan bahwa jumlah perempuan di jajaran eksekutif perusahaan sangat kecil.

Kondisi itu bisa diubah dengan merekrut early talents dari latar belakang yang berbeda. Misalnya secara khusus menggaet kandidat perempuan. Pada akhirnya, keberagaman akan hadir, sehingga talent pipelines kian membaik. 

Beberapa hal yang dipaparkan memperlihatkan keberagaman early talents memberi manfaat besar ke perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan harus mampu menghadirkannya.

Bersama Talentics, Anda bisa menjalankan early talents recruitments yang efektif. Strategi dan kampanye perekrutan early talents dapat diatur sesuai kebutuhan agar bisa menghadirkan keberagaman talenta. Jaringan mahasiswa dari 160+ universitas terbaik di Indonesia yang kami miliki akan memudahkan Anda untuk merekrut early talents yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda, sehingga proses rekrutmen akan berjalan dengan lebih efisien dari sebelumnya.

Selain itu, Talentics dapat membantu Anda untuk mengenalkan Employer Brand Anda kepada young talents terbaik yang mungkin akan menjadi future leaders di perusahaan Anda nantinya.

 

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak

Share:

Leave a Reply

On Key
Scroll to Top

Talentics

PT. Semesta Integrasi Digital.