Talentics Blog

Tren, Wawasan, dan Opini seputar HR & People Analytics

Recruitment and Employer Branding

Manfaat Recruitment Marketing dalam Proses Rekrutmen

29 Jan 2021 Rahma Yulita

Recruitment marketing telah menjadi tren dalam dunia rekrutmen baru-baru ini. Hal ini terjadi karena recruitment marketing yang sukses mendatangkan manfaat yg besar dan juga berkontribusi pada peningkatan yang signifikan pada pengalaman kandidat ketika terlibat dengan suatu perusahaan.

Recruitment marketing adalah strategi rekrutmen yang menerapkan prinsip-prinsip pemasaran modern. Mengutip dari HR Technologist, tujuan utama dari recruitment marketing adalah untuk memposisikan perusahaan Anda sebagai "top company" di mata jobseeker, yang secara langsung mampu mampu meningkatkan jumlah pelamar yang Anda terima untuk mengisi posisi yang tersedia. Recruitment marketing merupakan proses yang berkelanjutan, maka dari itu dalam praktiknya harus selalu mengikuti tren recruitment marketing terbaru untuk tetap menjadi yang terdepan ketika bersaing dengan marketing dari perusahaan lain.

Pencari kerja di zaman sekarang memiliki kesempatan yang lebih besar dibandingkan sebelumnya, sebab kondisi job market saat ini memberikan power kepada kandidat dimana mereka bisa memilih pekerjaan karena posisi yang terbuka lebih banyak dibanding tenaga kerja yang sesuai. Sebagai praktisi HR, Anda akan  membutuhkan strategi yang lebih efektif untuk dapat meraih kepercayaan kandidat dan menginspirasi mereka untuk memilih bekerja di perusahaan Anda. Caranya adalah dengan memastikan bahwa upaya marketing dan rekrutmen Anda berjalan beriringan dan sesuai dengan yang ditetapkan.

Beberapa tujuan lain dari recruitment marketing adalah untuk menciptakan candidate experience dan candidate engagement. Untuk mampu menarik kandidat dengan lebih mudah di era Recruitment 4.0, perusahaan mulai beradaptasi dengan kehadiran hiring platform yang dapat membantu memasarkan Employer Brand serta Employee Value Proposition (EVP) mereka.

Jadi, apa manfaat recruitment marketing dalam proses rekrutmen?

Dengan menerapkan recruitment marketing, proses rekrutmen diharapkan dapat berjalan dengan lebih efektif lagi. Maka dari itu, untuk menjalankan recruitment marketing, Anda harus mengetahui manfaatnya agar upaya yang dilakukan dapat berjalan dengan lebih maksimal. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dirasakan ketika menerapkan recruitment marketing dalam proses rekrutmen.

Baca Juga : Metrik Recruitment Marketing yang Perlu Anda Perhatikan

Mengurangi Time to Hire

Dalam proses rekrutmen, penting untuk mengetahui seberapa lama Time to Hire yang terjadi dalam setiap proses rekrutmen. Jika Time to Hire terlalu lambat, maka dapat dikatakan bahwa  proses rekrutmen pun akan berjalan kurang efektif dan efisien. Maka dari itu, sangat penting untuk dapat meminimalisir Time to Hire dalam setiap proses rekrutmen.

Recruitment marketing akan membantu memasarkan perusahaan Anda dan membangun engagement dengan kandidat. Ketika engagement antara perusahaan dan kandidat sudah terjalin, maka akan lebih mudah untuk perusahaan Anda menarik kandidat tersebut untuk masuk ke dalam candidate pipeline Anda.

Setelah Anda mulai membangun candidate pipeline yang cocok dan sesuai untuk perusahaan Anda, proses rekrutmen pun akan terasa lebih cepat dibandingkan dengan sebelumnya. Mengapa demikian? Tentu saja karena Anda tidak perlu lagi untuk repot-repot mencari kandidat baru mulai dari awal, karena sudah ada kandidat dengan kualifikasi terbaik yang terdaftar dalam candidate pipeline perusahaan Anda, sehingga akan lebih mudah untuk menghubungi para kandidat tersebut dibandingkan mencari talent baru. Hal ini tentunya juga akan membantu mengurangi Time to Hire.

Membangun Candidate Experience yang Lebih Baik

Hubungan antara perusahaan dengan seorang kandidat tidak dimulai ketika kandidat melamar ke posisi yang terbuka, melainkan dimulai saat pertama kali kandidat engage dengan Anda dalam proses rekrutmen. Dalam tahap awal rekrutmen, candidate experience sangatlah penting untuk membangun citra positif perusahaan, karena disini adalah momen saat dimana para kandidat mengevaluasi perusahaan Anda. Ini adalah momen kritis karena kandidat memiliki absolute decision apakah mereka memutuskan untuk mengikuti proses rekrutmen selanjutnya atau tidak melalui citra yang telah Anda bangun dan kenalkan.

Recruitment marketing memberi Anda kemampuan untuk mempersonalisasi konten dan komunikasi yang akan diterima oleh kandidat dalam tahap awal rekrutmen. Setiap konten bisa disesuaikan berdasarkan latar belakang kandidat, tingkat keterlibatan mereka, dan hubungan mereka dengan Anda. “First impression matters”, maka dari itu, first impression kandidat mengenai perusahaan Anda akan sangat penting dalam menentukan seberapa baik atau buruk experience yang diterima oleh kandidat tersebut.

Memang terdengar biasa saja, namun word of mouth dari kandidat yang mendapatkan experience dari suatu perusahaan dapat sangat berpengaruh pada kandidat-kandidat lainnya. Bagi perusahaan yang ingin dengan agresif meningkatkan candidate experience, recruitment marketing adalah pilihan yang sangat tepat.

Memperkuat Employer Brand

Di zaman sekarang, bukan hal baru untuk mengatakan bahwa orang-orang tidak melamar pekerjaan karena lowongannya, melainkan karena brand perusahaannya. Kandidat akan mencari visi dan misi, goals, atau idealisme yang sesuai dengan suatu perusahaan. Cara bagaimana Anda memproyeksikan dan memasarkan Employer Brand sangatlah penting. Anda perlu memanfaatkan konten yang tepat di career page, melakukan nurture campaign yang sesuai, dan men-deliver pesan yang tepat tentang EVP Anda.

Menurut Linkedin research 2018, 75% jobseekers meneliti reputasi perusahaan sebelum mereka memutuskan untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Alasan tersebut memperkuat alasan mengapa sangat penting untuk menjadi konsisten dengan brand image yang ingin dipersepsikan untuk perusahaan Anda.

Baca Juga : 8 Kesalahan dalam Recruitment Marketing yang Perlu Anda Hindari!

Meningkatkan Kualitas Kandidat

Ketika membicarakan tentang proses rekrutmen, semua pasti sepakat bahwa kualitas akan selalu diutamakan jika dibandingkan dengan kuantitas. Namun, masalah yang dihadapi oleh banyak perusahaan saat ini adalah tidak semua kandidat yang mengunjungi situs web atau halaman lowongan mereka sudah pasti mendaftarkan diri di lowongan yang tersedia tersebut.

Kandidat mungkin memang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang perusahaan Anda, tetapi mereka belum tentu ingin melamar pekerjaan kesana. Maka dari itu, perlu adanya Employer Brand yang baik untuk mengubah mindset kandidat agar mendaftar ke posisi yang tersedia.

Recruitment marketing dapat menarik kandidat dengan kualifikasi yang paling dicari dan dibutuhkan oleh perusahaan Anda, karena target ‘market’-nya sudah ditentukan sejak awal, sehingga tidak akan sulit untuk Anda menyortir kandidat ketika mereka sudah masuk ke dalam pipeline. Dengan begitu, quality of hire pun meningkat dan kemungkinan terjadinya bad hiring menjadi lebih kecil.


Beberapa manfaat recruitment marketing tersebut dapat Anda rasakan ketika strategi recruitment marketing yang dijalankan sudah sesuai dengan tujuan awal yang telah ditetapkan sebelumnya. Memang tidak instan, maka dari itu jangan lupa untuk selalu mengukur kesuksesan strategi recruitment marketing Anda sehingga akan mudah untuk melakukan evaluasi kedepannya.

Jika Anda masih kesulitan dalam membangun employer brand Anda yang merupakan salah satu pilar penting untuk menjalankan recruitment marketing, dengan Talentics Anda dapat mempersonifikasi employer landing page sesuai dengan keinginan perusahaan Anda yang didesain khusus untuk meningkatkan dan mengenalkan employer brand kepada talenta.

Tidak hanya itu, penggunaan tools yang tepat adalah kunci untuk meningkatkan efektivitas proses rekrutmen yang dijalankan. Talentics Online Assessment mengintegrasikan assessment dan Applicant Tracking System ke dalam satu platform untuk proses rekrutmen yang lebih efektif dan efisien. Mulailah uji coba gratis Anda sekarang.

Article Editor: Nadia Fernanda

(Image by Shutterstock)

 

Author

Written by Rahma Yulita Head of Content and Media