Talentics Blog

Tren, Wawasan, dan Opini seputar HR & People Analytics

Talent Assessment and Selection

Kegunaan dan Manfaat Psychometric Test Dalam Asesmen

07 Oct 2020 Asis Budhi

Asesmen diperlukan untuk melakukan penilaian terhadap kandidat secara lebih obyektif. Ragam assessment yang tersedia cukup banyak. Salah satu jenis assessment yang bisa dipilih adalah psychometric test yang bermanfaat dalam memprediksi potensi kemampuan kandidat untuk menjalankan pekerjaan di satu posisi.

Suatu saat perusahaan pasti butuh asesmen untuk menilai kesiapan kandidat dalam mengisi posisi lowong di organisasi. Ketika itu, mereka membutuhkan penilaian yang objektif dan akurat untuk memprediksi kapabilitas kandidat. Dalam situasi seperti itu, memilih psychometric test menjadi keputusan bijak.

Definisi Psychometric Test

Psychometric test adalah tes yang mampu mengukur potensi kemampuan kandidat untuk menjalani satu jenis pekerjaan secara objektif. Jenis tes ini sangat populer sebagai bagian strategi rekrutmen. Hal ini dikarenakan cakupan psychometric test yang dapat dikatakan cukup luas. Psychometric test bisa digunakan untuk menilai berbagai aspek mulai kemampuan kognitif, pengetahuan, hingga kepribadian kandidat.

Pentingnya Pyschometric Test dalam Rekrutmen

Kesuksesan rekrutmen merupakan hal krusial bagi kesuksesan sebuah organisasi. Rekrutmen yang tepat akan menghadirkan talenta-talenta berkualitas untuk ditempatkan di posisi yang tepat. Namun, dalam kenyataannya, mencari talenta yang sesuai dengan suatu posisi di perusahaan tidaklah mudah. Ada beberapa faktor yang hadir dalam prosesnya seperti bias, ketidakakuratan, dan subjektivitas yang dapat mempengaruhi penilaian.

Oleh karena itu, Anda dan Tim Human Resources (HR) membutuhkan tes yang mampu memberikan hasil objektif, akurat, dan cepat dalam asesmen. Psychometric test akhirnya menjadi jawabannya. Jenis tes ini memiliki berbagai kelebihan yang diharapkan mempermudah asesmen.

  • Objektif

Psychometric test menghilangkan bias penilaian yang dapat muncul dari wawancara, Curriculum Vitae, ataupun pengamatan rekruter itu sendiri. Tes dapat dilakukan tanpa bertatap muka sehingga lebih objektif.

  • Akurat

Akurasi hasil psychometric test dalam memprediksi kinerja kandidat di satu posisi sangat tinggi. Hal itu tidak lepas dari kompleksitas jenis tes yang bisa dijalankan. Karena berbasis sains, hasil tesnya pasti akurat.

  • Cepat

Psychometric test mampu mempercepat proses asesmen. Tes ini dapat dipakai memilah kandidat. Alhasil, jumlah kandidat yang menjalani proses lebih lanjut bisa dikontrol sesuai kemampuan Tim HR.

Jenis Psychometric Test

Psychometric test memiliki berbagai jenis. Anda dan Tim HR bisa mengatur penekanannya sesuai kebutuhan penilaian. Berikut ini beberapa jenisnya yang populer.

  • Numerical Test: Jenis psychometric test yang dirancang untuk mengukur kemampuan kandidat dalam menginterpretasikan angka. Kandidat diminta menganalisis atau mengambil kesimpulan dari data yang ditampilkan.
  • Verbal Test: Digunakan untuk menilai kemampuan kandidat dalam memahami teks. Kerap disajikan dalam pertanyaan berbentuk cerita atau pertanyaan dengan jawaban tertentu.
  • Logical Test: Biasa disajikan dalam pertanyaan nonverbal. Tes ini berguna untuk mengukur kemampuan kandidat dalam menyelesaikan satu masalah.
  • Concentration Test: Kandidat diminta menyelesaikan tugas secara cepat dan akurat. Bisa digunakan untuk menilai kemampuan berkonsentrasi kandidat.
  • Spatial Reasoning Test: Tes untuk mengevaluasi kemampuan kandidat mengenai ruang, seperti  fungsi visualisasi spasial, mental rotation, dan mental folding.
  • Mechanical & Electrical Reasoning Test: Tes untuk menilai pemahaman seseorang terkait konsep dan terminologi mekanis dan elektrik. Jenis tes dapat disesuaikan dengan tipe pekerjaan maupun level posisi yang hendak diisi.
  • Error-Checking Test: Tes untuk menilai perhatian terhadap detail dan kejelian dalam menemukan kesalahan. Ketelitian dan kecermatan kandidat akan terlihat dari hasil tes ini.

Berbagai jenis psychometric test dapat diatur sesuai kebutuhan perusahaan Anda. Talentics dapat membantu Anda untuk mewujudkannya dengan baik. Sebagai platform online assessment no. 1 di Indonesia, kami menyediakan alat ukur assessment terbaik dengan validitas yang tinggi.

Berkat itu, Talentics dapat membantu memudahkan Anda dalam melakukan proses rekrutment seperti menyaring, menilai, dan merekrut kandidat yang paling sesuai dengan lebih efektif dan efisien.

 

Author

Written by Asis Budhi Blog Writer