Talentics Blog

Tren, Wawasan, dan Opini seputar HR & People Analytics

Talent Assessment and Selection

Mengenal Metode Assessment HR yang Biasa Dipakai untuk Mengukur Kompetensi Karyawan

28 Aug 2020 Asis Budhi

Agar kinerja perusahaan Anda selalu optimal, evaluasi kompetensi karyawan menjadi suatu hal yang sangat penting. Sebagai HR, Anda dapat melakukan penilaian kompetensi karyawan melalui assessment. Ketika hendak menjalankannya, Anda dapat memilih aneka metode assessment yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Kita semua tahu bahwa kemajuan sebuah perusahaan tidak lepas dari kontribusi karyawan yang kompeten. Hal itu bisa diketahui dari hasil assessment. Jika hasil yang diperoleh menunjukkan adanya kekurangan, pelatihan untuk meningkatkan kemampuan karyawan dapat Anda lakukan. Selain itu, Anda dan perusahaan juga bisa memberi apresiasi terhadap prestasi yang diraih oleh para karyawan.

Baca Juga : Arti Penting Pre-employment Testing dan Assessment

Ketika ingin melakukan evaluasi kompetensi untuk karyawan, perusahaan Anda dapat memilih metode assessment dengan pendekatan seperti apa yang ingin diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Ini akan mendukung hasil yang sesuai dengan apa yang ingin Anda lihat dari para karyawan.

Beberapa metode assessment yang biasa dipakai, yaitu:

360-Degree Feedback

Metode ini dilakukan dengan mengumpulkan umpan balik terkait kinerja karyawan dari pihak-pihak yang berhubungan kerja secara langsung dengannya. Pihak tersebut bisa dari sesama rekan kerja, atasan, hingga manajer departemen lain yang pekerjaannya berhubungan.

Umpan balik yang diminta berkaitan dengan banyak aspek, mulai dari kinerja secara umum, kompetensi kerja, etos kerja, pemenuhan target dan kewajiban, hingga relasinya dengan pihak lain. Kompleksitas ini menjadikan 360-Degree Feedback sebagai metode assessment HR yang komprehensif, karena kompetensi seseorang akan mudah terpotret dengan metode ini.

Plus : Anda bisa mendapat “potret” utuh tentang seorang karyawan. Bukan hanya terkait kompetensi kerja profesional saja, kemampuan hubungan interpersonalnya juga terlihat.

Minus: Membutuhkan biaya tinggi dan memakan waktu yang panjang. Apalagi jika diterapkan di perusahaan yang memiliki banyak karyawan.

Bersama Talentics, Anda tidak perlu khawatir melakukan 360 Degree Feedback dengan waktu yang lama, karena kami mempunyai teknologi untuk melakukan feedback dan assessment secara massal dalam waktu yang bersamaan, dan hasilnya bisa Anda peroleh dalam waktu yang singkat. Hal ini tentunya tidak akan mengganggu produktivitas Anda, tim, dan juga karyawan.

Assessment Center

Metode assessment center adalah metode yang dilakukan dengan mengumpulkan karyawan yang hendak dinilai di satu tempat bersama dengan manajernya maupun tim asesor. Metode ini biasanya dilakukan di luar kantor. 

Di sana, mereka menjalani tes hingga diberikan tugas untuk dikerjakan bersama. Dari situlah penilaian bisa dilakukan. Anda dapat melihat tingkat keterampilan dan pengetahuan karyawan terkait komunikasi, interpersonal skill, kepemimpinan, ataupun pemecahan masalah. Kompetensi tergambar dari hasil tes maupun tugas yang dikerjakan bersama.

Plus : Karena dilakukan di luar kantor, Assessment Center bisa memotret bagaimana karyawan bereaksi terhadap hal baru. Itu akan menunjukkan kemampuan yang sebenarnya, sehingga memunculkan validitas yang tinggi.

Minus : Ada risiko nuansa kompetisi antar karyawan yang terlalu tinggi, sehingga rawan terjadinya konflik. 

Talentics menawarkan fitur Virtual Assessment Centre yang akan cocok Anda gunakan untuk melakukan assessment dengan metode ini. Masing-masing karyawan dapat mengerjakan assessment yang sudah Anda personifikasi sesuai dengan keadaan di perusahaan Anda. Dengan tes yang ditujukan kepada individu secara lebih personal, akan mampu meminimalisir konflik saat proses berlangsung.
    
HR (Cost) Accounting

HR (Cost) Accounting merupakan metode assessment HR yang paling “dingin”. Sebagai HR, Anda diminta untuk menghitung biaya yang dikeluarkan untuk karyawan dan membandingkannya dengan hasil kerja yang dihasilkan oleh karyawan tersebut. Biaya yang diperhitungkan bisa meliputi gaji, biaya pelatihan, hingga fasilitas yang diperoleh karyawan. 

Anda kemudian diminta untuk menganalisis produktivitas karyawan dari perbandingan hasil yang diberikan ke perusahaan. Namun, pengukuran tidak melulu terkait finansial. Nilai lainnya dapat pula dijadikan patokan, seperti faktor kepemimpinannya di tim atau kedekatannya dengan klien.

Plus : Efektif sekali untuk mengukur biaya dan hasil yang didapat dari seorang karyawan.

Minus : Karena mendasarkan diri pada perhitungan finansial, metode ini bukan merupakan sarana terbaik menilai kompetensi karyawan.

Talentics menawarkan People Analytics platform yang dapat membantu perusahaan meningkatkan produktivitas bisnisnya melalui people. Dengan produktivitas meningkat tentu perbandingan antara biaya untuk karyawan dibandingkan dengan hasil finansial juga akan meningkat signifikan.

Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat People Analytics

Management By Objectives (MBO)

Metode assessment HR yang satu ini dilakukan dengan menentukan target bersama antara karyawan dan manajer. Secara reguler, bisa per tahun atau setiap kuartal, Anda dan tim duduk bersama untuk membahas dan menentukan target ke depan serta melakukan evaluasi setelah kurun waktu tertentu.

Management By Objectives (MBO) sangat efektif dalam menilai kinerja. Banyak hal yang terukur nyata. Namun, penyusunannya tidak mudah. Manajemen harus mampu mematok target menantang namun tidak membuat karyawan terbebani.

Plus : Penilaian objektif dan terukur. Hasilnya juga terlihat nyata.

Minus : Kesalahan mematok target karena terlalu tinggi atau rendah, bisa membuat penilaian kinerja tidak akurat.

Field Review

Field Review dijalankan dengan memasukkan tim penilai ke lingkup kerja karyawan yang dinilai. Nanti asesor akan membayangkan menjadi karyawan yang ingin dinilai saat bekerja. Saat itulah penilaian dapat dilakukan. 

Asesor bisa melihat cara bekerja, efektivitas pekerjaan, hingga hasil pekerjaan karyawan. Dari situ, kompetensi seseorang terlihat jelas. Namun, metode ini memakan waktu dan energi besar.

Plus : Efektif dalam memotret kinerja karyawan. Hasil penilaian pun terbilang akurat.

Minus : Hanya bisa diterapkan di lingkungan kerja yang kecil. Sulit dilakukan di korporasi.

Dengan memanfaatkan teknologi assessment tools Talentics, kekhawatiran akan lingkup atau jangkauan assessment yang terbatas sudah bukan merupakan suatu masalah lagi. Dengan teknologi yang bisa Anda personifikasi sesuai dengan roles dan kebutuhan perusahaan Anda, ditambah dengan simulasi-simulasi untuk menciptakan “real working situation” cara ini bisa diterapkan mulai lingkungan kecil hingga korporasi sekalipun. 

Mana metode assessment HR yang dirasa paling tepat untuk perusahaan Anda? Jangan khawatir, Talentics bisa memberikan arahan yang terbaik untuk Anda. Dengan assessment tools yang terintegrasi, kami dapat memberikan kemudahan dan kesempatan untuk Anda mempersonifikasi assessment sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda, sehingga hasil yang diperoleh akan sesuai dengan apa yang perusahaan Anda ingin dapatkan.

Selain meningkatkan efektivitas waktu, tentu akan berpengaruh pada efektivitas biaya juga, bukan? Jadi, tunggu apalagi? Yuk lakukan metode assessment yang tepat dan cepat bersama kami!

 

Author

Written by Asis Budhi Blog Writer