Table of Contents

Jelajahi platform kami sekarang

Dapatkan Insights HR terbaru dengan berlangganan Newsletter Kami

Related Posts

Tips Memilih Platform Assessment Online yang Terbaik

Anda mungkin ingin tahu pertimbangan apa yang sebaiknya diambil sebelum Anda memutuskan untuk memilih platform assessment online. Agar tidak salah pilih, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Kemudahan teknologi seharusnya dimanfaatkan demi terwujudnya efektivitas kerja. Dalam hal yang terkait dalam bidang rekrutmen, talent acquisition dan learning & development, Anda dan Tim Human Resources bisa memanfaatkan platform assessment online yang saat ini banyak bermunculan.

Ada banyak manfaat yang didapat jika tim Anda memutuskan untuk menggunakan layanan platform assessment online. Beberapa di antaranya adalah:

  • Menghemat waktu dan biaya dibanding menjalankan offline assessment.
  • Asesmen bisa dilakukan ke banyak kandidat dari berbagai tempat berbeda pada waktu yang bersamaan.
  • Hasil lebih akurat karena didukung dengan teknologi.
  • Kandidat lebih nyaman menjalani asesmen karena bisa dilakukan di mana saja dan kapan pun.
  • Profiling dan pemetaan talenta secara virtual untuk mendukung proses rekrutmen dan profiling berbasis data

Beberapa manfaat assessment online itu memang sangat menarik dan tentunya akan membantu meningkatkan efektivitas proses rekrutmen di perusahaan Anda. Banyak rekruter yang kini ingin memanfaatkan platform assessment online.

Namun, dengan banyaknya pilihan, Anda mungkin ingin tahu pertimbangan apa yang sebaiknya diambil sebelum Anda memutuskan untuk memilih platform assessment online. Agar tidak salah pilih, ada baiknya untuk memperhatikan hal berikut ini.

Kemudahan Pengaturan Asesmen

Layanan platform assessment online dipakai dengan tujuan mempermudah proses perekrutan. Oleh karena itu, kemudahan pengaturan asesmen penting untuk diperhatikan. Anda bisa melihat apakah pemberi layanan mampu mengatur asesmen sesuai kebutuhan organisasi Anda. Hal itu vital karena bisa memberikan hasil sesuai yang Anda harapkan.

Kemampuan Platform Online Assessment Talentics bisa menjadi acuan. Sebagai platform assessment online nomor 1 di Indonesia, Talentics menawarkan asesmen profil sesuai kebutuhan. Asesmen bisa disesuaikan dengan kompetensi dan karakter karyawan terbaik di organisasi Anda.

Bukan hanya itu, dengan lebih dari 60 aspek pengurukan, Talentics juga memiliki layanan Customizable Job Profile yang dapat disesuaikan berdasarkan role dan level  pekerjaan Anda. Dengan demikian, asesmen dapat diatur untuk melihat profil kompetensi setiap jenis pekerjaan. 

Kemudahan Akses Data

Kemudahan menjadi kunci pemanfaatan assessment online. Maka, pastikan platform yang dipilih bisa mempermudah proses perekrutan. Anda dapat melihat dari seberapa mudah akses ke data yang dimiliki.

Talentics misalnya. Platform Online Assessment Talentics mampu menawarkan aneka kemudahan bagi perusahaan yang menggunakan layanan ini. Terdapat Talent Management Dashboard yang membantu memantau dan mengelola seluruh proses rekrutmen. Berkat itu, pengambilan keputusan bisa lebih cepat dan akurat. Bahkan, Anda dapat dengan mudah mengintegrasikannya dengan platform Applicant Tracking System.

Lebih menarik lagi, dengan menggunakan Online Assessment Talentics, Anda secara otomatis dapat menilai, memeringkatkan, dan merekomendasikan kandidat yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan satu klik, rekomendasi instan pun diperoleh.

Tingkat Kecerdasan Platform

Akurasi, kecepatan, dan penilaian yang objektif menjadi kelebihan assessment online. Hal ini sangat membantu proses rekrutmen agar lebih efisien. Oleh karenanya, platform assessment online yang dipilih harus memiliki sistem dengan tingkat kecerdasan tinggi.

Asesmen Talentics memakai hasil kombinasi psikometri, teknologi, dan data. Terdapat verifikasi biometrik untuk memastikan keaslian data kandidat selama proses rekrutmen untuk menghindari kecurangan. Ada pula teknologi untuk melakukan pengawasan jarak jauh menggunakan kamera. 

Untuk menjaga keakuratan jawaban kandidat, kami juga menghadirkan Response Bias. Ini mampu memastikan akurasi jawaban kandidat dengan mendeteksi berbagai kejanggalan selama pengerjaan tes. Rekrutmen dipastikan aman.

Baca juga: 4 Mengenal Psikotes Online: Apa itu, keunggulan dan serba-serbinya
 

Dukungan Pelanggan

Assessment online memang tidak membutuhkan tatap muka secara langsung. Namun, pengguna tetap perlu mendapat dukungan penuh dari penyedia layanan. Hal itu diperlukan sebagai antisipasi jika terdapat gangguan atau memerlukan pengaturan khusus.

Talentics menyediakan konsultan in-house sehingga proses onboarding dan implementasi berjalan optimal. Lalu mereka juga siap memberikan dukungan penggunaan dan integrasi supaya semuanya lancar.
    
Beberapa hal yang dipaparkan wajib menjadi pertimbangan dalam menentukan platform assessment online yang hendak dipilih. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan manfaat terbesar dari layanan asesmen dalam jaringan.

Talentics dapat membantu Anda untuk mewujudkan peningkatakan efisiensi rekrutmen di perusahaan Anda hanya dalam satu platform. Platform Online Assessment Talentics memberikan kemudahan anda untuk memotret dimensi seorang kandidat secara menyeluruh yaitu; Kepribadian, Kecerdasan, Kompetensi dan Motivasi. Dengan lebih dari 60 aspek pengukuran yang sangat modular dan customizable, Talentics adalah platform online assessment terdepan yang dapat membantu transformasi proses rekrutmen dan talenta Anda.

Bersama kami, proses rekrutmen Anda dapat terasa lebih baik lagi setiap harinya. Hubungi kami disini untuk mengetahui bagaimana Talentics dapat membantu proses rekrutmen dan online assessment perusahaan anda.

 

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak

Share:

Leave a Reply

On Key
Scroll to Top

Talentics

PT. Semesta Integrasi Digital.