Talentics Blog

Tren, Wawasan, dan Opini seputar HR & People Analytics

HR & Media

Definisi, Peran, dan Karakteristik Pemimpin

08 Mar 2023 Luqman Hafidz

Ketika membaca kata pemimpin, beberapa sosok sering tercuat dalam pikiran, bisa jadi presiden, raja, atau CEO suatu perusahaan. Namun hal apa yang membuat seorang orang-orang tersebut menjadi pemimpin? Apakah murni hanya karena jabatan yang tengah dipunyai atau ada kualitas-kualitas tertentu yang menjadi benang merah dari semua pemimpin. Lebih spesifik dalam dunia profesional, artikel ini akan membahas posisi pemimpin dalam dunia pekerjaan secara komprehensif.

Apa itu Pemimpin atau Leader?

Pemimpin dapat diartikan sebagai individu yang memiliki kemampuan untuk memimpin dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan tertentu. Seorang pemimpin tidak hanya bertanggung jawab untuk mencapai hasil yang diinginkan, tetapi juga untuk menginspirasi dan memotivasi orang-orang di sekitarnya untuk meraih kesuksesan bersama.

Apa saja Tugas Seorang Leader?

Secara umum pemimpin yang baik perlu mahir dalam tiga hal yaitu:

  • Cara Menginspirasi dan memotivasi pada para pengikutnya.
  • Memiliki visi dan memiliki cara untuk mewujudkannya.
  • Memastikan timnya memiliki dukungan dan alat yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan mereka.

Apa Peran seorang Pemimpin?

Peran pemimpin dalam suatu perusahaan dapat sangat berbeda pada jika dibandingkan dengan perusahaan lainnya. Hal ini dikarenakan peran khusus seorang pemimpin dapat berubah berdasarkan ukuran tim, organisasi, atau tanggung jawab yang diberikan. Hal ini juga tergantung pada company values  dan tujuan perusahaan, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Namun secara umum, peran seorang pemimpin adalah untuk melatih, membimbing, dan menginspirasi orang lain, terutama yang menjadi bawahannya. Seorang leader dapat memotivasi tim melalui masa-masa sulit dan membimbing bawahannya untuk mengalami improvement kemajuan karir. Seorang pemimpin memiliki peran untuk mengelola individu untuk menjaga agar tim tetap sejalan dan bekerja menuju tujuan bersama. Mereka memupuk budaya kolaboratif dan memimpin dengan teladan.

Karakteristik Pemimpin

Menurut BetterUp, ada 7 karakteristik yang menjadi benang merah seorang pemimpin dalam perusahaan. Karakteristik tersebut adalah:

1.   Memiliki Tujuan

Memiliki pemahaman yang jelas tentang tujuan adalah salah satu karakteristik penting yang dimiliki oleh seorang pemimpin. Hal ini karena pemimpin yang memiliki visi dan tujuan yang jelas dapat menginspirasi tim untuk bekerja lebih efisien dan lebih fokus dalam mencapai tujuan bersama. Selain itu, pemimpin yang memiliki tujuan yang jelas juga dapat memberikan arahan yang tepat dalam mengambil keputusan, sehingga memudahkan tim dalam mencapai target yang telah ditetapkan. Dalam situasi yang kurang kondusif, pemimpin yang memiliki tujuan yang jelas dapat memberikan stabilitas dan memberikan kepercayaan pada tim.

2.   Memotivasi

Seorang pemimpin yang mampu memotivasi tim dapat meningkatkan produktivitas, memperkuat engagement karyawan terhadap perusahaan yang akan berujung pada hasil yang lebih baik memuaskan secara keseluruhan. Pemimpin yang kompeten dalam memotivasi memahami kebutuhan individu dan menggunakan berbagai strategi untuk memotivasi karyawan, seperti memberikan penghargaan, memberikan feedback positif dan konstruktif, sampai memberikan peluang untuk berkembang

Baca juga: Analisis Tingkat Emosi Generasi Z di Dunia Kerja

3.   Memiliki Cara Mencapai Tujuan

Mengetahui langkah-langkah untuk mencapai tujuan adalah karakteristik penting dari seorang pemimpin karena membantu tim untuk merencanakan dan mengelola proyek dengan efektif. Seorang pemimpin yang mampu menguraikan dan membagikan strategi yang jelas dan terukur dapat membantu tim untuk memahami tujuan jangka panjang dan tugas mereka secara rinci, sehingga setiap bawahannya dapat memprioritaskan tugas dan bekerja dengan lebih efektif. Karakteristik ini  juga memungkinkan pemimpin untuk memperkirakan risiko dan kendala yang mungkin terjadi, dan mengambil tindakan yang tepat untuk memastikan keberhasilan bersama.

4.   Memiliki Empati

Memiliki empati sangat penting dalam memimpin dan mengelola tim. Memiliki kemampuan untuk memahami perasaan dan pandangan unik anggota tim membantu membangun hubungan yang baik antara pemimpin dan anggota tim. Dengan memiliki empati, seorang pemimpin dapat mengetahui kebutuhan dan keinginan anggota tim dan dapat memberikan dukungan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan bersama. Hal ini juga membantu meningkatkan kepercayaan, motivasi, dan kinerja anggota tim secara keseluruhan.

Baca juga: 5 Karakter Karyawan

5.   Kreatif

Sebagai seorang pemimpin, memiliki kreativitas yang tinggi menjadi kunci dalam menghadapi tantangan dan memecahkan masalah di perusahaan. Dalam lingkungan yang terus berubah dan kompetitif, seorang pemimpin yang kreatif dapat mengembangkan ide dan solusi inovatif untuk mengatasi berbagai hambatan yang mungkin muncul.

Dengan menciptakan strategi yang inovatif dan dapat diterapkan, seorang pemimpin kreatif dapat membawa perusahaan ke arah yang lebih baik dan lebih progresif. Oleh karena itu, kreativitas menjadi karakteristik penting bagi seorang pemimpin yang ingin memimpin perusahaan ke masa depan yang sukses.

6.   Memahami Keunikan Tim

Mengetahui keunikan tim adalah salah satu karakteristik penting dari seorang pemimpin karena ini memungkinkan pemimpin untuk mengarahkan anggota tim dengan tujuan yang jelas dan terukur, terutama jika seorang pemimpin memiliki tanggung jawab untuk memimpin beberapa tim sekaligus. Dengan pemahaman yang jelas tentang keunikan setiap tim yang berada dibawahnya, seorang pemimpin dapat mengkoordinasikan upaya setiap karyawan dalam mencapai tujuan tim dan mengelola harapan dan ekspektasi secara lebih demokratis.

Baca juga: 7 Strategi untuk Meningkatkan Kebahagiaan di Tempat Bekerja

7.   Introspektif

Dalam memimpin, penting bagi seorang leader untuk mengevaluasi diri sendiri dan mengenali kelebihan dan kekurangan diri, serta dampaknya pada orang lain. Dengan mengetahui diri sendiri, seorang pemimpin dapat memperbaiki kualitas kepemimpinannya, serta dapat memberikan pengarahan dan arahan yang lebih baik kepada anggota tim. Seorang pemimpin yang introspektif juga dapat menjadi contoh yang baik bagi anggota timnya, mendorong mereka untuk memperbaiki kualitas diri dan bekerja lebih produktif.

Proses rekrutmen mencari pemimpin yang tepat kini dapat menjadi lebih efektif dan efisien berdasarkan teori psikologi yang terstandarisasi dan digunakan oleh praktisi HR dan psikologi profesional. Gunakan Talentics Team Dynamic Test untuk melihat calon pemimpin yang sesuai kebutuhan.

Baca juga: Talentics Insight: Gaya Kepemimpinan Lintas Generasi

Sumber:

Better Up: What is a leader, what do they do, and how do you become one?

Harvard Business Review: What Makes a Great Leader? 

Author

Written by Luqman Hafidz

Related Posts

No related post