Talentics Blog

Tren, Wawasan, dan Opini seputar HR & People Analytics

HR & Media

Talent Pool: Definisi, Manfaat, dan Cara Membangun dalam Perusahaan

11 Aug 2022 Vega Amarazka

Setiap perusahaan tentunya ingin memiliki para pekerja yang berbakat dan bertalenta. Tentu saja, hal ini demi bisa mencapai tujuan dari perusahaan itu sendiri. Salah satu metode yang banyak dilakukan oleh perusahaan untuk mendapatkan karyawan dengan kualitas terbaik, yaitu melalui talent pool yang dilakukan dengan menyeleksi kandidat di bursa kerja. Lantas, apa sebenarnya arti dari talent pool?

Definisi Talent Pool

Talent Pool

Jadi, talent pool atau kumpulan bakat adalah gabungan data dari kandidat dengan potensi terbaik yang disusun oleh perusahaan untuk dijadikan sumber saat proses rekrutmen karyawan. Kandidat yang masuk termasuk dalam pool talent pastinya memiliki kompetensi dan kinerja tinggi, serta bakat yang lebih unggul daripada karyawan lain. 

Umumnya, perusahaan memperoleh data kandidat dari para pelamar kerja dengan pengalaman yang luar biasa, hanya saja saat itu masih belum sesuai dengan posisi yang dicari perusahaan. Tak hanya itu, data kumpulan bakat ini juga didapat dari bursa kerja, akun LinkedIn, atau referensi dari karyawan.

Manfaat Talent Pool

Talent Pool

Terdapat tiga manfaat utama yang bisa didapat oleh perusahaan dengan memiliki talent pool, yaitu:

1. Menghemat Anggaran Proses Rekrutmen

Adanya kumpulan bakat membuat perusahaan tidak lagi perlu menghabiskan anggaran untuk melakukan proses rekrutmen yang cukup panjang. Sebab, perusahaan langsung dapat melakukan seleksi atau memilih kandidat yang tepat dari kumpulan data kandidat yang sudah ada sebelumnya.

2. Efisiensi Waktu

Selain hemat anggaran, adanya kumpulan data kandidat juga pastinya dapat menghemat waktu perusahaan dalam mendapatkan kandidat yang tepat. Perusahaan langsung bisa menghubungi kandidat untuk wawancara, sehingga posisi yang dibutuhkan dapat segera terisi.

3. Skrining Kandidat Terbaik

Kumpulan data yang dimiliki membuat perusahaan jauh lebih mudah mengenali calon karyawan berbakat meski belum tahu pasti posisi yang sedang dicari. Ini artinya, potensi untuk merekrut dan bekerja sama dengan karyawan yang memiliki kompetensi tinggi pastinya lebih besar. 

Cara Membangun Talent Pool Perusahaan

Talent Pool

Lalu, bagaimana sebuah perusahaan membangun pool talent untuk mendapatkan karyawan yang tepat? Berikut beberapa cara yang umum digunakan:

1. Membentuk Komunitas

Cara membangun talent pool yang pertama adalah membentuk sebuah komunitas. Misalnya melalui email maupun acara perusahaan untuk mengenalkan budaya maupun kebiasaan kerja, tujuan dan visi misi perusahaan, serta bagaimana potensi karir kepada semua orang yang berminat untuk bekerja di perusahaan.

2. Pertahankan Komunikasi pada Kandidat yang Tidak Lolos

Saat melakukan seleksi, pastinya ada kandidat yang tidak sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Namun, pastikan kamu menyimpan profil kandidat yang gagal seleksi. Jadi, kamu tidak harus memulai rekrutmen kandidat baru saat ada posisi yang pas dan bisa langsung menawarkan pada kandidat tersebut.

3. Referensi Karyawan

Membangun talent pool juga bisa dilakukan melalui referensi dari para karyawan. Melalui cara ini, tim rekrutmen bisa mendapatkan lebih banyak informasi tentang calon kandidat yang direferensikan. Selanjutnya, apabila kandidat memutuskan resign dari perusahaan sebelumnya, kamu bisa langsung menghubungi dan menawarkan kerja sama.

4. Terapkan Cara Recruitment Marketing

Cara terakhir bisa dilakukan dengan metode recruitment marketing melalui peningkatan branding employer perusahaan. Selanjutnya, perusahaan dapat mengajukan Employer Value Proposition atau EPV yang bisa membuat kandidat potensial semakin berminat untuk bergabung di perusahaan. EPV sendiri adalah nilai yang diajukan oleh pemberi kerja kepada karyawan.

 

Sekarang, kamu sudah tahu definisi dari talent pool, manfaat, dan bagaimana cara menerapkannya dalam perusahaan. Selain itu, rekrutmen karyawan dengan potensi terbaik juga bisa dilakukan lebih cepat, mudah, dan praktis dengan bantuan Talentics. Ini adalah platform rekrutmen dan asesmen online berbasis data untuk membantu mendapatkan dan menyeleksi kandidat yang paling sesuai untuk posisi tertentu di perusahaan.

Tak hanya itu, Talentics juga melakukan pengujian lebih dari 45 kompetensi dengan menggunakan alat ukur yang cepat, tanggap, dan pastinya akurat. Jadi, kamu tidak perlu membuang banyak biaya dan waktu untuk proses rekrutmen karyawan yang panjang. Kamu bisa cek informasi lebih lengkap dengan mengakses talentics.id.

Author

Written by Vega Amarazka