Talentics Blog

Tren, Wawasan, dan Opini seputar HR & People Analytics

People Analytics

5 Skill Paling Dibutuhkan 2023

01 Jan 2023 Luqman Hafidz

Teknologi terbarukan terus bermunculan dan semkain canggih setiap tahunnya. Seiring dengan perubahan yang terjadi, kompetensi atau skill khusus yang dibutuhkan di dunia kerja juga akan terus mengalami pergeseran. Pada tahun 2023 ini, terdapat beberapa kompetensi yang dianggap penting untuk membantu perusahaan berkembang. Sebagai catatan, kandidat dengan kompetensi yang tinggi pada skill ini akan semakin dicari oleh perusahaan.

Mengapa Kebutuhan Selalu Berubah?

Banyak jenis perkerjaan baru yang sekitar 20-30 yang lalu mungkin belum pernah terdengar. Seperti data scientist, social media manager, atau virtual assistant. Bahkan laman Forbes  memprediksi bahwa 85% jenis pekerjaan baru yang dibutuhkan pada 2030 belum tersedia pada jenjang perguruan tinggi saat ini. Penting untuk memiliki mindset bahwa perubahan adalah hal yang akan terus terjadi dan sebagai seorang profesional, kita perlu menekankan bahwa bekerja dan mempelajari hal baru adalah proses yang akan terus dijalani. Secara umum perubahan yang terjadi dalam 4 macam, yaitu:

  1. Perubahan teknologi: Teknologi terus berkembang dan evolusi dari tahun ke tahun, dan seiring dengan itu, kemampuan teknis yang dibutuhkan juga berubah. Misalnya, pengadopsian sistem HR yang berbasis otomatisasi dan efisiensi. Hal ini tentu merubah cara seorang praktisi HR dalam bekerja.
  2. Perubahan dalam industri: Industri HR juga terus berubah, baik dalam hal regulasi yang harus diikuti maupun dalam prinsip-prinsip dan strategi yang digunakan. Misalnya, kita mendengar dalam beberapa tahun terakhir pentingnya membangun company culture yang kokoh dan tercermin dengan baik dalam pekerjaan sehari-hari.

Baca juga: Kupas Tuntas Budaya Perusahaan dalam Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi 2023

  1. Perubahan dalam kebutuhan perusahaan: Perusahaan juga terus mengubah strategi dan kebutuhan mereka dalam bidang HR. Misalnya, sejak banyak terjadi layoff lebih banyak perushaan yang menginginkan sustainability dibandingkan profit semata agar bisa terus berkompetisi di masa depan dan masa kini.
  2. Perubahan dalam pasar kerja: Pasar kerja HR juga terus berubah, Misalnya, banyak kandidat yang mulai enggan untuk meluangkan waktu yang banyak untuk mengisi formulir pendaftaran lamaran kerja.

5 Skill Paling Dibutuhkan 2023

Ada 5 skill yang akan dibutuhkan selama tahun 2023, kompetensi ini menjadi penting karena dapat mendorong karyawan yang bekerja untuk mengakselerasi pertumbuhan perusahaan dalam menjalankan bisnis dan tetap kompetitif di pasar. Kelima kompetensi tersebut adalah:

1.   Cybersecurity

Cybersecurity merupakan kompetensi penting pada tahun 2023 karena ancaman serangan siber dan kebocoran data semakin meningkat. Kompetensi cybersecurity dibutuhkan untuk melindungi jaringan, sistem, dan data organisasi, serta dibutuhkan dalam tindakan pemulihan apabila terjadi serangan siber. Dengan semakin banyaknya perusahaan yang menggunakan cloud computing atau penyimpanan data berbasis cloud, kompetensi cybersecurity akan semakin dibutuhkan.

2.   Data Storytelling

kemampuan lebih dari sekedar menganalisis data akan lebih dibutuhkan, karena penyajian dan storytelling akan lebih ampuh dalam menentukan arah perusahaan terutama pada saat presentasi kepada pimpinan perusahaan. Riset yang dilakukan Tableau menyatakan bahwa 70 persen pekerjaan pada tahun 2025 akan melibatkan data. Oleh karena itu, pada masa persiapan seperti ini, setiap organisasi sangat membutuhkan individu dengan kemampuan untuk menganalisis, menginterpretasi, menerjemahkan, dan mengkomunikasikan data secara efektif.

3.   Digital Marketing

Digital marketing dibutuhkan sebagai langkah untuk menarik perhatian customer dan menempatkan produk yang kita punya sebagai “Top of Mind” ketika seorang pelanggan hendak membutuhkan suatu kegiatan. Contohnya keberhasilan perusahaan ojek online dari Gojek dan Grab yang membuat orang berpikir “Gunakan platfrom ini saja apabila hendak mengirim dokumen secara ekspress”. Terdapat beberapa skill yang lebih spesifik didalamnya seperti social media advertising, search engine optimization, email marketing dan sebagainya.

4.   Machine Learning/Artificial Intelligence

Apabila diibaratkan sebagai manusia, machine learning dan artificial intelligence merupakan anak kecil yang dan sedang diajari membaca, menulis dan berhitung. Maka profesional pada bidang ini masih sangat dibutuhkan bagi banyak perusahaan. Ketiga kompetensi yang disebutkan sebelumnya membutuhkan AI dalam pekerjaannya. Contohnya data storyteller membutuhkan AI untuk menentukan visualisasi terbaik, Digital Marketer membutuhkan AI untuk memprediksi demografi audience yang memiliki potensi tinggi sebagai pelanggan tetap. Maka dari itu, kompetensi ML/AI akan semakin dibutuhkan pada tahun 2023 ini.

5.   User Experience (UX) Design

User Experience yang biasanya disandingkan dengan User Interface akan menjadi kemampuan yang penting di tahun 2023. Kompetensi ini memungkinkan perusahaan untuk memiliki teknologi yang mudah diakses oleh semua kalangan secara intuitif. Selain itu, kompetensi ini akan tetap relevan dan penting karena akan mempengaruhi pendapat user akan pengalaman mereka menggunakan jasa/produk yang dimiliki perusahaan.

Perbedaan 2022 dan 2023

Cukup sulit untuk memprediksi perbedaan antara tahun 2022 dan 2023 karena banyak hal yang terjadi pada tahun 2022 yang mungkin dapat mengalami perubahan pada tahun 2023, namun ada beberapa tren yang dapat diperhatikan selama setahun kebelakang yang dapat menjadi key differentiator kompetensi yang dibutuhkan pada tahun 2023.

  1. Literasi data: Kemampuan untuk memahami dan bekerja dengan data semakin penting karena semakin banyak bisnis dan organisasi yang tergantung pada pengambilan keputusan yang didorong data. Semakin banyak orang yang tahu data pada tahun ini, akan memperbesar peluang pentingnya data pada tahun mendatang. Contohnya semakin banyak bootcamp yang menawarkan jasa pembelajaran data analytics dan data science.
  2. Kemampuan teknis: Ketergantungan yang semakin meningkat pada teknologi dan otomatisasi pekerjaan menggunakan AI dan machine learning akan meningkatkan permintaan terhadap kemampuan teknis. Contohnya semakin banyaknya kelas-kelas untuk menambah dan memperbaiki skill untuk mempermudah pekerjaan.
  3. Ketangguhan dan fleksibilitas: Kemampuan untuk cepat menyesuaikan diri dengan perubahan dan belajar kemampuan baru mungkin lebih penting di hadapan teknologi yang berkembang dengan cepat dan tren industri. Contohnya badai layoff yang cukup sering terdengar pada semesterakhir tahun 2022.
  4. Kreatifitas: Kemampuan berpikir kreatif dan menemukan solusi inovatif mungkin dibutuhkan tinggi karena bisnis dan organisasi mencari cara untuk tetap kompetitif dan membedakan diri dari pasar yang padat. Contohnya semakin beragamnya konten marketing untuk menarik perhatian pelanggan dan perubahan platform sosial media ke Tiktok dan berbasis video yang sebelumnya lebih condong pada foto.

Akan banyak perubahan pada tahun 2023 dan satu hal yang perlu diperhatikan adalah kemampuan setiap individu untuk menerima keadaan, melihat probabilitas hal yang dapat diperbaiki, dan maju ke arah yang lebih baik.

Baca juga:  Talentics Insight: Skills Digital Mindset Pencari Kerja Perlu Ditingkatkan untuk Persaingan 2023

Sumber:

Edyoucated

FDMGroup

Forbes

Tableau

Author

Written by Luqman Hafidz

Related Posts

No related post