Talentics Blog

Tren, Wawasan, dan Opini seputar HR & People Analytics

Recruitment and Employer Branding

Apa Saja yang Perlu Diperiksa Dalam Employee Background Checks?

05 Jul 2021 Rahma Yulita

Menemukan orang yang tepat untuk mengisi posisi di perusahaan Anda bisa menjadi hal yang sangat menantang. Ada resume untuk ditinjau, interview, hingga melakukan pemeriksaan yang lebih personal mengenai latar belakang kandidat yang sedang diproses dalam proses rekrutmen. Mungkin hal ini terdengar lebih menakutkan untuk kandidat, tetapi sebenarnya, hal ini sama menakutkannya untuk Anda.

Meskipun Anda bisa mendapatkan beberapa informasi hanya dari memeriksa resume kandidat, dan menggali berbagai informasi lainnya selama proses interview, employee background checks membantu Anda untuk memeriksa background kandidat secara lebih profesional dan detail.

Baca Juga : 7 Hal Mendasar yang Perlu Diketahui Dalam Employee Background Checks

Ini memberi Anda informasi mengenai masa lalu mereka, yang akan membantu Anda membuat keputusan berdasarkan informasi yang diperoleh ketika sampai pada keputusan akhir perekrutan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperiksa dalam employee background checks:

Criminal records
Pemeriksaan latar belakang kriminal sering dilakukan dalam situasi di mana rekruter atau perusahaan perlu mengetahui lebih dalam mengenai kandidat yang sedang diproses. Hal ini mencakup kegiatan seperti kegiatan kriminal termasuk kejahatan kekerasan atau kejahatan seks, penipuan, penggelapan, atau hukuman kejahatan lainnya.

Hal ini sangat penting untuk Anda memastikan kandidat yang Anda nantinya hendak direkrut tidak akan membahayakan perusahaan atau karyawan lain. Penting untuk mempertimbangkan jenis pelanggaran yang dilakukan, serta rentang waktu yang telah berlalu sejak kejadian pelanggaran dilakukan.

 

Health records
Pemeriksaan kesehatan biasanya dilakukan dengan drug test atau tes narkoba. Pemeriksaan ini perlu diberlakukan untuk semua kandidat tanpa terkecuali, dan melakukannya sesuai dengan aturan hukum yang sesuai. Menjalankan tes narkoba telah menjadi praktik umum yang biasa dilakukan oleh perusahaan ketika ingin merekrut karyawan baru untuk memastikan kepercayaan calon karyawan, menghindari cedera di tempat kerja, dan memastikan bahwa karyawan yang direkrut akan menjadi karyawan yang produktif.

 

Employment history
Bagi sebuah perusahaan yang hendak mempekerjakan karyawan baru, penting dilakukan pengecekan mengenai latar belakang pekerjaan apa saja yang sebelumnya dilakukan oleh kandidat tersebut. Hal ini penting untuk rekruter atau perusahaan untuk mengetahui lebih detail mengenai pekerjaan apa saja yang sebelumnya dilakukan oleh kandidat dan bagaimana kandidat tersebut berkontribusi di perusahaan sebelumnya. Selain itu, mencari tahu alasan berhentinya calon karyawan dari tempat terdahulu juga dapat membantu Anda untuk menentukan apakah kandidat tersebut akan cocok dengan culture perusahaan Anda atau tidak.

 

Educational history
Biasanya perusahaan akan memverifikasi gelar, jurusan, dan kinerja akademik kandidat sebelum merekrut kandidat terutama untuk pekerjaan tingkat pemula atau fresh graduate. Melakukan pengecekan mengenai latar belakang pendidikan kandidat digunakan untuk mengetahui apakah kandidat dari segi pendidikan sudah memenuhi persyaratan untuk nantinya direkrut mengisi posisi yang ditawarkan dan apakah memang benar kandidat telah menyelesaikan pendidikan akademiknya.

 

Reference check
Dalam form yang harus dilengkapi oleh kandidat biasanya tertulis kontak yang dapat dihubungi sebagai kontak referensi untuk mencari tahu mengenai kandidat lewat pandangan orang lain atau orang yang sudah pernah bekerja langsung dengan kandidat. Biasanya reference check akan dilakukan dengan orang-orang yang pernah bekerja dalam satu tim sebagai teammate, supervisor, atau leader kandidat di tempat sebelumnya.

 

Digital tracks & social media
Zaman sekarang kehadiran internet sudah menjadi bagian dari kehidupan semua orang. Tidak hanya informasi-informasi positif saja yang bisa didapatkan dengan mudah melalui internet, melainkan juga informasi negatif. Setiap orang memiliki kemampuan penuh atas dirinya untuk dapat menjadi sumber informasi ketika ingin membagikan suatu postingan/informasi kepada orang lain melalui internet. Maka dari itu, mengecek jejak digital seperti sosial media sangat lah penting untuk mengetahui seperti apa kandidat bertindak di belakang layar.

 

Another background information
Beberapa informasi penting lainnya yang perlu dicek melalui employee background checks adalah informasi terkait dokumen kependudukan kandidat seperti; No. KTP, NPWP, tempat tinggal, dan lain-lain.



Author

Written by Rahma Yulita Head of Content and Media