Table of Contents

Jelajahi platform kami sekarang

Dapatkan Insights HR terbaru dengan berlangganan Newsletter Kami

Related Posts

Campus Hiring untuk Meningkatkan Kualitas Rekrutmen Perusahaan Anda

Tingginya persaingan dalam menemukan talenta terbaik mengharuskan perusahaan untuk mulai mencoba hal-hal untuk meningkatkan kualitas hasil dari proses rekrutmen perusahaan mereka, salah satunya caranya adalah dengan Campus Hiring.

Setiap perusahaan pasti selalu ingin menjadi yang lebih unggul dalam berbagai hal, termasuk dalam menarik perhatian para pencari kerja aktif dengan kompetensi yang mumpuni untuk bekerja di perusahaan mereka. Perusahaan Anda tentunya seperti itu juga, bukan?

Diminati oleh banyak kandidat potensial tentunya akan menjadi keunggulan sendiri bagi sebuah perusahaan. Hal itu menandakan bahwa perusahaan tersebut memiliki brand image yang positif di mata kandidat. Dengan kata lain, tidak akan sulit untuk perusahaan dalam menarik kandidat potensial untuk bergabung menjadi bagian mereka.

Tetapi, perekrutan di zaman sekarang telah menjadi sangat kompetitif. Perusahaan dipaksa untuk melakukan inovasi perekrutan agar bisa menarik lebih banyak talenta potensial di masa depan. Tidak hanya mengandalkan brand saja, jika Anda berharap untuk mendapatkan talenta terbaik bekerja di perusahaan Anda, maka Anda perlu meningkatkan perekrutan perusahaan. Salah satu caranya adalah dengan campus hiring.

Apa itu Campus Hiring?

Campus hiring merupakan proses perusahaan untuk merekrut mahasiswa dan lulusan baru dari perguruan tinggi. Perusahaan akan memiliki kesempatan untuk memilih talenta terbaik langsung yang ideal untuk mengisi talent pool ataupun langsung bekerja di perusahaan mereka dengan lebih efektif.

Baca Juga : Strategi yang Perlu Dipersiapkan Perusahaan Sebelum Melakukan Campus Hiring

Perusahaan menggunakan strategi rekrutmen seperti ini untuk dapat menarik mahasiswa yang membutuhkan pengalaman untuk magang, atau lulusan baru yang berminat bekerja secara full-time. Ketika melakukan campus hiring, perusahaan dapat berfokus pada institusi tertentu yang paling sesuai dengan apa yang paling dibutuhkan oleh perusahaan.

Banyak hal yang dilakukan ketika perusahaan ingin melakukan campus hiring, seperti menerapkan strategi utama dalam menentukan kampus mana yang akan ditargetkan, program dan gelar mana yang perlu dipertimbangkan untuk dipekerjakan, dan bagaimana cara melibatkan calon kandidat dalam prosesnya. Semua hal tersebut sangat penting untuk dilakukan sebelum perusahaan memutuskan untuk melakukan campus hiring.

Langkah-langkah untuk melakukan Campus Hiring dengan Optimal

Ketika memutuskan untuk melakukan campus hiring, ada 3 langkah penting yang harus menjadi bagian dalam prosesnya, yaitu:

1. Pre-Hiring

Dalam langkah pertama ini, Anda diharuskan untuk memfokuskan diri dalam menentukan kampus mana yang akan menjadi target. Karena banyak pilihan kampus yang mungkin ditemukan, mulailah mempersempit tujuan dengan menetapkan jurusan apa saja yang paling perusahaan Anda butuhkan.

Setelah itu, fokus pada deskripsi pekerjaan. Deskripsi pekerjaan adalah langkah penting untuk merencanakan program campus hiring, karena akan menentukan apakah kandidat akan tertarik untuk melamar atau tidak. Jangan biarkan deskripsi pekerjaan yang dibuat terlihat seperti daftar permintaan yang panjang. 

Gunakan kesempatan ini untuk berinteraksi dengan calon kandidat dalam membangun experience dan meninggalkan kesan yang baik. Pastikan bahwa deskripsi pekerjaan dengan jelas menyatakan peran dan tanggung jawab yang akan mereka lakukan ketika mengikuti program campus hiring Anda.

Manfaatkan kesempatan ini untuk membangun brand presence dan meningkatkan brand experience. Buatlah brand Anda terlihat semenarik mungkin untuk menggaet calon kandidat mendaftar di program campus hiring Anda. Brand presence akan memperluas eksposur perusahaan Anda secara online, dimana hal itu akan menguntungkan karena calon kandidat yang didominasi oleh Gen Z lebih banyak menghabiskan waktu mereka di media sosial atau online platform lainnya. Ini juga dapat dijadikan sarana untuk perusahaan Anda membangun engagement dengan calon kandidat sehingga akan terbentuk brand experience yang positif kedepannya.

2. Hiring Process

Sebelum Anda melakukan proses rekrutmen, Anda harus membangun relationship yang baik dengan kampus tujuan. Hal ini sangat penting karena akan mempengaruhi employer brand Anda di masa depan. Jika Anda dapat membangun hubungan yang baik, maka proses campus hiring juga akan berjalan dengan lebih baik.

Memasuki proses hiring, mulailah untuk mem-filter kandidat dengan menggunakan assessment. Menggunakan tool seperti assessment akan membantu mempersingkat proses rekrutmen, serta meningkatkan kualitas dari proses itu sendiri. Selain dapat menghemat waktu dan biaya, assessment dapat digunakan untuk mengukur dan menilai kompetensi, culture, preferensi, serta kecerdasan emosional calon kandidat. Ini tentu akan membantu praktisi HR menemukan kandidat yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Setelah melewati proses assessment, tetap lakukan proses interview untuk dapat terlibat dan mengenal langsung kandidat yang Anda pilih. Proses ini tetap menjadi proses yang paling penting karena setiap kandidat memiliki cara penyampaian dan komunikasi yang berbeda, sehingga bisa menjadi masukan untuk menilai bagaimana cara kandidat tersebut berkomunikasi dan bekerja dengan orang lain.

3. Post Campus Hiring

Setelah melewati proses hiring, inilah saatnya praktisi HR menentukan kandidat yang paling cocok untuk perusahaan. Lakukanlah proses onboarding untuk memperkenalkan perusahaan Anda kepada kandidat yang terpilih dengan lebih intim. Manfaatkan proses onboarding dalam meningkatkan experience kandidat dan juga employer brand Anda.

Baca Juga : Merekrut Fresh Graduate: Lebih Penting Perhatikan Latar Belakang Pendidikan atau Kompetensi?

Dalam proses ini, kandidat yang terpilih akan menilai perusahaan Anda, bukan hanya Anda yang menilai kinerja mereka. Disinilah perlu adanya strategi untuk memenuhi ekspektasi mereka agar nantinya mereka akan mendapatkan kesan yang baik dan bisa merekomendasikan perusahaan Anda kepada adik tingkat / orang lain. Di zaman sekarang, review dan experience merupakan hal yang sangat penting, maka Anda harus bisa membuat mereka mendapat pengalaman yang baik selama bekerja di perusahaan Anda.

Manfaat dalam melakukan Campus Hiring

Beberapa manfaat yang akan Anda temukan jika melakukan program campus hiring adalah:

1. Memperluas talent pool

Ketika perusahaan mencari talenta terbaik melalui campus hiring, mereka akan menemukan banyak pelamar dengan antusiasme yang tinggi dan kompetensi yang sesuai dengan target perusahaan. Hal ini akan membawa dampak positif untuk memperluas talent pool perusahaan Anda. Beberapa kandidat yang tidak terpilih dapat mengisi talent pool yang nantinya akan memudahkan Anda untuk menemukan bakat yang sesuai dengan referensi perusahaan di masa mendatang.

2. Menghemat waktu dan biaya

Proses rekrutmen merupakan proses yang sangat memakan banyak waktu dan biaya, terlebih jika perusahaan mengalami bad hiring dan harus mengulangi prosesnya dari awal. Hal-hal seperti itu akan merugikan perusahaan dan menghambat pekerjaan karena banyaknya loopholes yang terbentuk dari kosongnya suatu posisi. Disinilah keunggulan campus hiring, dimana perusahaan dapat melakukan proses rekrutmen secara langsung dan serentak, sehingga prosesnya akan terjadwal dengan baik.

3. Membangun employer brand yang positif

Perusahaan yang melakukan aktivitas campus hiring dan terlibat dalam interaksi dengan beberapa perguruan tinggi akan membangun hubungan yang baik dengan banyak kampus dan mahasiswa. Hal ini akan mendorong lebih banyak talenta potensial untuk melamar magang, proyek, pelatihan, dan lain-lain. Jadi, campus hiring membuka jalan untuk membangun saluran bakat untuk perekrutan di masa mendatang.

4. Mendapatkan tenaga kerja yang tech-savvy

Seperti yang kita tahu, tenaga kerja lulusan baru saat ini didominasi oleh Gen Z, atau generasi yang sangat paham dan familiar dengan teknologi. Dengan melakukan campus hiring, Anda akan bertemu dengan banyak talenta potensial Gen Z yang tentunya dapat berkontribusi dan meningkatkan produktivitas perusahaan Anda dalam beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Gen Z sangat tertarik dengan perkembangan dalam bentuk apapun, antusiasme mereka ini akan memberikan manfaat bagi perusahaan Anda dalam jangka panjang.


Menarik talenta-talenta terbaik melalui program campus hiring tidaklah sulit. Bersama Talentics, Anda dapat menemukan strategi program campus hiring yang tepat dan tentunya akan meningkatkan kualitas perekrutan perusahaan Anda. Terintegrasi dengan campus network dari Rencanamu, Anda dapat langsung terhubung dengan talenta dari perguruan-perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Proses campus hiring-pun akan terasa lebih efektif dan efisien karena dapat dilakukan hanya dalam satu platform. Jadi, apakah Anda tertarik untuk melakukan program campus hiring sekarang?

Article Editor: Nadia Fernanda

(Image by Shutterstock)

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak

Share:

Leave a Reply

On Key
Scroll to Top

Talentics

PT. Semesta Integrasi Digital.