Talentics Blog

Tren, Wawasan, dan Opini seputar HR & People Analytics

Recruitment and Employer Branding

Perlukah Menampilkan Informasi Gaji Pada Lowongan Pekerjaan?

20 Jan 2023 Luqman Hafidz

Survey yang dilakukan oleh Glassdoors menyatakan bahwa nominal gaji adalah faktor utama bagi 67% responden saat melihat lowongan pekerjaan. Namun, membuat sebuah lowongan pekerjaan yang efektif dan menampilkan informasi gaji bukanlah satu hal yang mudah untuk ditemukan. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam pembuatannya seperti deskripsi pekerjaan, persyaratan, informasi tentang budaya perusahaan, sampai riset pasar yang perlu dilakukan sebelum mengambil keputusan untuk menampilkan salary range atau tidak.  

Untuk beberapa perusahaan, menampilkan informasi gaji sejak membuat lowongan pekerjaan adalah sebuah kewajiban. Alasannya beragam, mulai dari persyaratan hukum sampai bertujuan untuk memfilter kandidat yang tidak cocok dengan informasi gaji yang ditampilkan sehingga tidak perlu meluangkan banyak waktu bersama  kandidat yang secara salary range belum cocok. Namun di sisi lain, tidak sedikit perusahaan yang tidak memberikan informasi gaji sampai seorang kandidat mencapai tahap offering. Artikel ini akan membahas kelebihan dan kekurangan menampilkan informasi gaji pada lowongan pekerjaan, dilengkapi negara-negara yang mewajibkan penampilan informasi salary range, serta website dengan fitur menampilkan informasi gaji.

Baca juga: 4 Alasan Kandidat “Ghosting” Offer Letter dan Cara Menghadapinya

Kelebihan dan Kekurangan Menampilkan Informasi Gaji

Semua hal tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, termasuk menampilkan informasi gaji pada iklan lowongan pekerjaan. Perusahaan dapat menimbang dan menentukan langkah mana yang diperlukan sesuai visi, misi, serta kondisi perusahaan saat ini.

Topik

Kelebihan

Kekurangan

Pemilihan kandidat

Dapat memfilter kandidat yang sesuai dengan company budget

Memfilter kandidat yang kompeten namun memiliki salary range lebih tinggi

Transparansi

Menunjukan company culture yang transparan dan progresif

Perbedaan salary range dapat menimbulkan gejolak internal terutama apabila ada perbedaan gaji cukup besar dengan karyawan lama

Branding

Menginformasikan besaran gaji bukanlah sesuatu yang lumrah di Indonesia, branding perusahaan akan semakin baik

Kompetitor mendapatkan informasi mengenai branding ini dan mengetahui besaran gaji karyawan anda

Waktu

Efisiensi waktu karena hanya memproses kandidat yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan perusahaan

Melakukan riset salary range yang tepat membutuhkan tenaga dan waktu lebih

Negara-Negara yang Mewajibkan Informasi Gaji

Semua perusahaan yang berlokasi dalam area European Union diwajibkan untuk menampilkan informasi salary range di setiap lowongan pekerjaan. Peraturan ini efektif mulai 1 Agustus 2022. Beberapa negara bagian di Amerika Serikat seperti Washington DC, California, Colorado, Rhode Island, dan Nevada, sampai New York City juga menerapkan peraturan yang sama. Belum ada informasi yang cukup untuk negara-negara yang berada di Asia.

Alasan dibalik peraturan ini cukup beragam, namun pada akhirnya berujung pada transparansi informasi dan mengapresiasi semua karyawan tanpa diskriminasi. Baik itu dari gender, lama pengalaman bekerja, maupun level senioritas. Untuk Indonesia, belum ada hukum yang mengatur bahwa perusahaan wajib menampilkan kisaran gaji yang akan didapatkan seorang karyawan, namun ada beberapa platform yang mengapresiasi hal ini.

Platform yang Mengapresiasi Informasi Gaji Pada Lowongan Pekerjaan

Meskipun belum ditemukannya hukum yang mengatur tentang kewajiban menampilkan informasi gaji untuk wilayah Asia khususnya Indonesia, beberapa platform dimana perusahaan dan job seeker bertemu memiliki fitur yang cukup membantu ini.  

#1 Tech in Asia

Sebagai salah satu media yang membahas topik teknologi dan startup khususnya di Asia, platform ini menjadikan salary range sebagai salah satu informasi utama ketika perusahaan menampilkan lowongan pekerjaan.

#2 Deall

Platform yang dirilis pada penghujung tahun 2020 ini merupakan karya anak bangsa yang memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah informasi gaji yang transparan dan fitur untuk memberi skor pada CV sehingga memudahkan perusahaan untuk memfilter kandidat terbaik, serta memberi informasi kepada calon kandidat karyawan posisi CV mereka ketika melamar kerja.

#3 Glints

Aplikasi dan website yang diperuntukan untuk mencari kerja sejak 2015 ini aktif sebagai salah satu pemimpin tempat mencari kerja di beberapa negara ASEAN dan Taiwan dengan total 3 juta pengguna pada 2022 menampilkan informasi gaji dalam bentuk range seperti dua website sebelumnya. Bahkan jika perusahan tidak mengisi, ada informasi ”Perusahaan tidak menampilkan gaji”.

Menampilkan informasi tentang gaji merupakan salah satu gebrakan platform untuk mencari kerja yang dapat berdampak positif maupun negatif. Pastikan pengambilan keputusan telah disesuaikan dengan visi, misi, kondisi dan kesiapan perusahaan, dan tentunya konfirmasi oleh atasan.

Baca juga: 7 Strategi Merancang Compensation and Benefit yang Menarik

 

Sumber:

Bamboo HR

CNBC

Glassdoors

SHRM

Author

Written by Luqman Hafidz

Related Posts

No related post