Table of Contents

Jelajahi platform kami sekarang

Dapatkan Insights HR terbaru dengan berlangganan Newsletter Kami

Related Posts

Lakukan Talent Mapping Untuk Terciptanya Efisiensi Rekrutmen

Proses rekrutmen yang tidak efektif terbukti berdampak buruk bagi perusahaan, mulai dari kerugian finansial, waktu, hingga kualitas perekrutan itu sendiri. Agar tidak mengalami kerugian seperti itu, Anda dapat melakukan Talent Mapping.

Rekrutmen sering menjadi proses yang melelahkan. Selain memakan waktu dan biaya, energi yang dikeluarkan untuk menemukan kandidat terbaik cukup besar, dan hal ini pula yang kerap membuat Anda dan tim HR cepat merasa lelah. Namun, ada cara untuk menghindarinya, salah satunya adalah dengan menjalankan talent mapping.

Proses rekrutmen yang tidak efektif terbukti berdampak buruk bagi perusahaan, mulai dari kerugian finansial, waktu, hingga kualitas perekrutan itu sendiri. Selain itu, masih ada lagi beberapa aspek yang terpengaruh ketika perusahaan mengalami bad hiring

Baca Juga : Trik Sederhana Dalam Membuat Strategi Talent Management

Perekrutan yang buruk ternyata memakan biaya besar. The Center for American Progress menyebutkan bahwa kandidat yang gagal atau tidak memenuhi ekspektasi bisa menyerap biaya hingga 20% dari rata-rata gaji para karyawan sebuah perusahaan.

Agar tidak mengalami kerugian seperti itu, berbagai upaya untuk lebih mengefektifkan rekrutmen perlu dilakukan. Talent mapping dapat menjadi salah satu caranya.

Apa Sebenarnya Talent Mapping?

Talent mapping merupakan sebuah proses mengidentifikasi individu dan kemampuan berdasarkan sejumlah parameter tertentu. Kemudian talenta-talenta tersebut dikelompokkan berdasarkan berbagai kategori yang diinginkan. Misalnya berdasarkan divisi kerja, kemampuan, ataupun posisi yang ditempati.

Hasil pembagiannya akan menjadi basis data dan informasi bagi pengembangan talenta perusahaan ke depan. Dengan demikian Anda bisa mengisi talent pool, candidate pipeline, ataupun menjalankan rencana untuk para talenta tersebut demi kebutuhan perusahaan saat ini dan masa depan.

Baca Juga : Campus Hiring : Trik Mendapatkan Kandidat ‘Early Talents’ Terbaik

Mengapa Talent Mapping Penting?

Talent mapping sangat membantu terwujudnya rekrutmen yang lebih efektif. Dengan melakukan talent mapping, Anda akan mendapatkan beberapa manfaat, yaitu:

  • Mendorong Talent Engagement

Talent mapping bisa menghadirkan talent engagement. Saat melakukan identifikasi kandidat, Anda akan berkomunikasi dengan kandidat tersebut. Anda bisa memaparkan proses yang dijalankan. Kandidat akhirnya tahu bahwa mereka dimasukkan ke talent pool atau talent pipeline. Berangkat dari situ, ada interaksi yang bisa terjadi. Talent engagement pun tercipta.

  • Mengantisipasi Kekosongan Posisi

Kekosongan posisi untuk sementara waktu bisa terjadi ketika tiba-tiba ditinggalkan oleh satu orang. Dengan talent mapping, hal tersebut bisa diminimalkan.

Menjalankan talent mapping berarti Anda paham tentang kandidat yang dimiliki. Anda bisa tahu mereka yang ingin meninggalkan perusahaan. Maka, Anda dapat mengantisipasinya jauh-jauh hari dengan menyiapkan penggantinya. Kekosongan posisi pun tidak akan terjadi.

  • Memangkas Waktu Perekrutan

Talent mapping sangat bermanfaat untuk mengurangi lama waktu perekrutan. Ketika dijalankan dengan baik, talent pool pasti telah terisi dengan penuh. Anda bisa memilih para kandidat yang ada di dalamnya untuk mengisi satu posisi tertentu.

Berkat itu, waktu rekrutmen terpangkas. Anda tidak perlu lagi mengidentifikasi talenta karena telah ada pemetaan yang dilakukan sebelumnya.

  • Memastikan Keputusan Rekrutmen Lebih Tepat

Menjalankan talent mapping berarti membagi kandidat berdasarkan sejumlah metrik tertentu. Pemetaan tersebut menggunakan parameter yang berbasis data sehingga akurasinya tinggi.

Manfaatnya akan terasa ketika diharuskan mengambil keputusan dalam rekrutmen. Putusan yang diambil akan lebih cepat dan pasti tepat karena sudah ada data-data yang mendukungnya.

Baca Juga : Tips Memilih Platform Assessment Online yang Terbaik

Bagaimana Menjalankan Talent Mapping?

Talent mapping bisa diartikan sebagai menempatkan kandidat yang tepat sesuai dengan posisinya. Proses itu terus berlanjut tanpa henti karena perusahaan terus berkembang. Jika ingin melakukannya, ada hal-hal esensial yang harus dijalankan:

  1. Selalu proaktif mengidentifikasi posisi dan peran yang dibutuhkan perusahaan untuk mencapai target bisnis.
  2. Rutin melakukan penyegaran terhadap peran dan lingkup kerja satu posisi agar bisa mendukung pelaksanaan strategi perusahaan.
  3. Memaparkan jalur karier baik secara vertikal maupun horizontal kepada para kandidat sebagai motivasi untuk terus bertahan di perusahaan.

Talent mapping harus dijalankan dengan tepat agar menghadirkan hasil terbaik. Talentics bisa membantu Anda menjalankan pemetaan talenta secara akurat.

Sebagai platform assessment online nomor 1 di Indonesia, kami menyediakan berbagai metode pengukuran yang akurat dan berbasis data, dengan validitas yang tinggi dan bisa dilakukan dengan cepat. Bersama Talentics, talent mapping akan lebih mudah dijalankan sehingga proses rekrutmen dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien.
 

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak

Share:

Leave a Reply

On Key
Scroll to Top

Talentics

PT. Semesta Integrasi Digital.