Table of Contents

Jelajahi platform kami sekarang

Dapatkan Insights HR terbaru dengan berlangganan Newsletter Kami

Related Posts

Kompetensi Penting yang Harus Dimiliki Karyawan selama Work From Home

Untuk dapat melakukan kegiatan Work From Home (WFH) dengan baik, penting bagi perusahaan untuk mengetahui kompetensi-kompetensi penting yang perlu dimiliki oleh karyawan.

Pandemi COVID-19 telah mengubah berbagai lanskap kehidupan di seluruh dunia dan mendatangkan tantangan baru untuk banyak industri, terutama industri kerja. Semenjak kemunculannya pertengahan tahun 2020 mendorong perusahaan-perusahaan untuk mulai menetapkan peraturan kerja jarak jauh (remote work) atau yang biasa disebut dengan work from home (WFH).

Bagi sebagian perusahaan yang memang sudah menetapkan kebijakan WFH sejak dahulu, hal ini bukan menjadi suatu masalah, baik dalam koordinasi kerja maupun dalam performa karyawan yang bekerja remote. Namun, tentu hal ini menjadi masalah baru bagi perusahaan lainnya yang sejak awal belum pernah menetapkan kebijakan tersebut.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Gartner, tercatat bahwa selama pasca-pandemi, 31% karyawan cenderung bekerja dari jarak jauh setidaknya beberapa kali. Terlebih lagi, 74% perusahaan justru berniat untuk mengubah ritme kerja dan membiarkan karyawan mereka kerja secara remote secara permanen pasca-COVID-19.

Hal ini menyebabkan perusahaan perlu mulai melakukan transisi gaya bekerja dari work from office (WFO) yang mengharuskan karyawan secara fisik hadir di lokasi kerja/kantor ke WFH untuk waktu yang belum ditentukan. Tantangan baru muncul karena akan semakin banyak posisi yang terbiasa kerja di kantor, diharuskan mengikuti peraturan untuk WFH. Perusahaan perlu mempekerjakan orang yang tidak hanya memiliki keterampilan teknis dan pengetahuan yang diinginkan, tetapi juga memiliki kompetensi tertentu yang dapat memprediksi bagaimana mereka dapat bekerja dengan performa maksimal selama wfh.

Untuk dapat melakukan kegiatan WFH dengan baik tanpa mengurangi motivasi kerja, dan untuk dapat memberikan hasil kerja yang tetap maksimal, penting bagi perusahaan untuk mengetahui kompetensi-kompetensi penting yang perlu dimiliki oleh karyawan agar dapat menjalani WFH tanpa kendala yang berarti. Adapun kompetensi-kompetensi tersebut antara lain:

1. Problem Solving

Problem solving adalah pengukuran kompetensi yang meliputi kemampuan seseorang untuk mengidentifikasi permasalahan, melakukan analisa permasalahan melalui berbagai sudut pandang, menghasilkan solusi dan melakukan evaluasi terhadap penerapan solusi tersebut. Problem solving sangat dibutuhkan dalam dunia kerja agar seseorang dapat memegang kendali dalam situasi dan kondisi yang sangat dinamis serta menciptakan proses kerja yang lebih efisien.

Setiap karyawan harus memiliki kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan yang diberikan dan problem solving ini menjadi salah satu kompetensi yang penting ketika karyawan dibebaskan melakukan pekerjaan secara remote. Bekerja di kantor atau WFO mungkin akan terasa lebih membantu dalam hal penyelesaian permasalahan, karena tidak terlalu sulit untuk melakukan koordinasi dengan anggota tim, namun disini lah kuncinya. Jika karyawan Anda memiliki kompetensi problem solving yang kuat, maka tidak akan sulit baginya untuk menyelesaikan pekerjaan meskipun harus WFH.

Baca Juga : Tips Ciptakan Lingkungan Kerja yang Dapat Meningkatkan Produktivitas

2. Adaptability

Adaptability adalah pengukuran kompetensi yang meliputi sikap keterbukaan seseorang pada perubahan, bersikap fleksibel, menerima keberagaman yang ada, serta kemampuan menyesuaikan diri pada berbagai kondisi. Karakteristik lain dari individu yang dengan adaptability tinggi adalah kemampuan untuk bersikap fleksibel dan terbuka mempelajari hal-hal baru. Seseorang dengan adaptabilitas yang tinggi akan mempelajari cara penyelesaian tugas tersebut secara mandiri.

Beradaptasi bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Untuk beberapa orang, adaptasi mungkin menjadi hal yang sulit untuk mereka, terutama di lingkungan kerja, Bukan hanya adaptasi dengan lingkungan, tetapi juga dengan pekerjaan itu sendiri. Untuk karyawan yang terbiasa WFO kemungkinan akan merasa kaku ketika diharuskan mengubah cara mereka bekerja ketika WFH. Maka dari itu, kompetensi adaptability penting agar karyawan dapat beradaptasi dalam kondisi apapun.

Ketika karyawan bisa beradaptasi dengan kondisi WFH, output yang dihasilkan juga akan stabil, produktif, dan baik. Namun sebaliknya, jika karyawan kesulitan untuk beradaptasi dengan kondisi yang seperti ini, dapat dipastikan karyawan tersebut juga akan merasa kesulitan untuk menyelesaikan pekerjaannya sendiri.

3. Collaboration

Collaboration adalah kemampuan individu untuk bekerja sama dengan orang lain demi mencapai tujuan yang sama, dengan mengesampingkan perbedaan pribadi. Individu yang memiliki kemampuan collaboration yang tinggi akan mampu bekerja sama dengan maksimal untuk mencapai kesuksesan yang diharapkan oleh perusahaan sebagai organisasi.

Kolaborasi merupakan elemen terpenting ketika bekerja, terutama untuk berkontribusi dalam pekerjaan tim. Setiap anggota di dalam tim harus membangun engagement yang kuat dengan satu sama lain sehingga kolaborasi kerja dapat dilakukan dengan maksimal. Ketika WFH, bukan berarti kolaborasi akan terhenti karena setiap karyawan bekerja masing-masing di rumah dan jauh dari anggota lain. Dengan teknologi yang sudah sangat canggih, kolaborasi saat WFH dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan agenda jarak jauh yang akan memperlihatkan kegiatan karyawan setiap harinya saat WFH.

Kolaborasi menjadi semakin lebih penting ketika WFH karena karyawan tidak dapat diawasi secara langsung saat bekerja. Maka dari itu kesadaran diri dari setiap karyawan untuk membangun kolaborasi yang efektif sangat dibutuhkan untuk terus menjaga produktivitas timnya saat bekerja.

4. Communication

Communication adalah keterampilan seseorang untuk memberikan informasi kepada orang lain dan menerima informasi dari orang lain. Salah satu indikator seseorang memiliki kemampuan komunikasi yang baik adalah dia bisa menyampaikan pendapat kepada orang lain secara jelas. Seseorang dengan communication yang baik sangat diperlukan untuk dapat mendukung kesuksesan kerja organisasi/institusi.

Saat WFH, komunikasi mungkin menjadi concern yang paling dipertimbangkan setiap perusahaan dan menimbulkan kekhawatiran akan adanya miss communication yang mungkin terjadi dengan komunikasi jarak jauh saja. Memang benar, setiap perusahaan harus memikirkan bagaimana caranya menjaga komunikasi tetap berjalan dengan lancar, namun kesadaran dari karyawan Anda sendiri tidak kalah penting untuk hal ini.

Jika karyawan Anda sadar akan kewajiban untuk menjaga komunikasi dengan rekan kerja agar terus berjalan dengan baik, maka komunikasi saat WFH bukanlah suatu masalah. Ditambah lagi teknologi sudah menyediakan banyak platform dan yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan mudah, sehingga setiap karyawan dapat melakukan komunikasi individu ke individu, hingga individu ke kelompok (conference meeting) dengan sangat mudah. Jika komunikasinya terhambat, kegiatan WFH akan menjadi masalah dan menimbulkan banyak kesalahpahaman.

5. Achievement Motivation

Achievement motivation adalah dorongan seseorang untuk menetapkan tujuan, mengenali cara-cara untuk mencapai tujuan dan berusaha mencapai tujuan tersebut. Orang dengan achievement motivation yang tinggi akan mampu menetapkan tujuannya dengan jelas, mengetahui cara-cara untuk mencapai tujuannya, dan gigih dalam mencapai tujuannya tersebut.

Dapat dipastikan ketika karyawan harus WFH, semangat kerja mereka dapat menurun dalam beberapa saat karena tidak adanya dukungan individu seperti ketika mereka bekerja di kantor. Bagi sebagian orang yang merasa termotivasi ketika dikelilingi banyak orang, WFH akan terasa sangat menyiksa. Maka dari itu karyawan Anda harus memiliki achievement motivation agar motivasi akan terbentuk seiring dengan berjalannya pekerjaan yang dilakukan. Ketika karyawan memiliki achievement motivation, tanpa sadar mereka akan termotivasi untuk mencapai goals yang telah ditetapkan sebelumnya.

Baca Juga : Pentingnya Mengetahui Work Values yang Dimiliki Kandidat saat Proses Rekrutmen

6. Stress Management

Stress management adalah kemampuan seseorang untuk bertahan terhadap stress dengan mengenali kapasitas terhadap stress dan mengetahui strategi coping yang tepat sehingga dapat tetap tenang meski berada dalam situasi yang menekan. Seseorang yang memiliki stress management yang tinggi akan mampu bertindak profesional dan berpikiran jernih ketika berada dalam situasi yang menekan di pekerjaan.

Perasaan stress juga dapat timbul ketika karyawan bekerja sendirian tanpa bertemu dengan rekan kerja lainnya. Sentuhan manusia memang masih menjadi salah satu elemen yang sangat penting untuk membangun semangat dan motivasi manusia lainnya. Ketika karyawan merasa stress karena terlalu lama bekerja di rumah, mereka harus mampu mengatasi rasa stress tersebut sehingga tidak akan berdampak buruk pada pekerjaan yang dilakukan.

Contohnya, jika Anda sebagai karyawan merasa stress karena terlalu lama WFH, maka Anda harus beristirahat sebentar dan mencari hal-hal yang dapat membangun semangat dan mood Anda untuk bekerja lagi. Jika Anda suka menonton film, tidak apa-apa untuk break sejenak dan tonton film favorit Anda. Ketika rasa stress sudah berkurang dan mood membaik, coba untuk bekerja lagi dan lakukan cara seperti ini berulang untuk mencegah stress datang saat bekerja.


Itulah beberapa kompetensi penting yang harus dimiliki karyawan ketika bekerja secara WFH. Salah satu yang terpenting adalah untuk terus menanamkan mindset walaupun bekerja secara remote, segala jenis pekerjaan yang dilakukan harus tetap dikerjakan secara profesional dan sebaik-baiknya.

Talentics menyediakan berbagai alat ukur psikologis berupa Talentics Online Assessment yang dikembangkan oleh para pakar psikometri ahli di Indonesia. Setiap elemen pengukuran yang diciptakan telah disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di masyarakat saat ini, dan dapat digunakan untuk mengukur serta menilai kompetensi-kompetensi yang dimiliki karyawan dengan mudah dan cepat. Dapatkan uji coba gratis dashboard Talentics dan General Competency Test untuk mengukur kompetensi karyawan Anda sekarang juga.

Article Editor: Nadia Fernanda

(Images by Shutterstock)

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak

Share:

Leave a Reply

On Key
Scroll to Top

Talentics

PT. Semesta Integrasi Digital.