Table of Contents

Jelajahi platform kami sekarang

Dapatkan Insights HR terbaru dengan berlangganan Newsletter Kami

Related Posts

Passion at Work

Apakah Passion at Work Menular?

Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya, ada dua jenis passion, yaitu harmonious passion dan obsessive passion. Harmonious passion adalah

3 Aplikasi Rekrutmen untuk Meningkatkan Efisiensi Proses Rekrutmen

Proses rekrutmen yang kompleks bukan berarti tidak dapat disederhanakan. Lewat tiga aplikasi rekrutmen ini, menemukan kandidat terbaik jadi lebih efisien dan nyaman.

Proses rekrutmen bukanlah hal mudah bagi tim recruiter. Sehari-harinya, seorang recruiter bisa menerima puluhan hingga ratusan e-mail dan lamaran serta harus melakukan seleksi awal dengan tepat. Tugas ini dapat menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Beruntungnya, kini ada berbagai aplikasi rekrutmen yang dapat membantu recruiter memenuhi tanggung jawab dengan lebih efektif dan efisien.

Nah, untuk kamu yang sedang mencari beberapa aplikasi untuk proses rekrutmen, berikut adalah tiga software mendasar yang bisa kamu manfaatkan.

ATS

Aplikasi Rekrutmen

Kalau setiap harinya kamu berkutat dengan serbuan lamaran pekerjaan, aplikasi ini akan sangat membantu. Applicant Tracking Systems alias ATS adalah solusi untuk melakukan tracking dan sortir terhadap kandidat terbaik sesuai kriteria yang kamu harapkan. 

Software ATS sudah banyak diterapkan di berbagai perusahaan, terutama pada perusahaan berskala besar maupun yang berbasis teknologi. Penggunaannya pun relatif mudah dipelajari meski masing-masing penyedia memiliki kelebihan dan kekurangan. Meski begitu, secara umum, ATS akan mempercepat proses rekrutmen dan membuatnya lebih sistematis serta gampang diatur.

ATS juga memungkinkan proses rekrutmen menjadi lebih mudah untuk evaluasi. Lewat dashboard aplikasi, kamu dapat mengidentifikasi dengan mudah saat menemukan adanya bottleneck dalam proses rekrutmen. Dengan begitu, kamu dan tim dapat mengambil langkah penyelesaian dengan lebih cepat dan tepat.

Aplikasi Berbasis AI

Aplikasi Rekrutmen

Artificial Intelligence (AI) adalah sebuah bidang yang mengombinasikan ilmu komputer dan kumpulan data untuk melakukan problem solving. AI ini juga menggunakan machine learning dan deep learning untuk dapat menghasilkan keluaran “secara otomatis” tanpa melibatkan manusia di dalam proses pengambilan keputusannya.

Dalam rekrutmen, AI dapat melakukan fungsi mencocokkan dan menyediakan profil kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Data terkait kandidat tersebut diperoleh dari berbagai talent pool yang kamu gunakan. 

Di samping itu, aplikasi rekrutmen berbasis AI juga dapat membantu mengarahkan kandidat ke lowongan pekerjaan tertentu sesuai keterampilan dan pengalaman yang dimiliki dengan menyesuaikan data dan profil kandidat tersebut. Fungsi ini pun juga bermanfaat bagi para recruiter sehingga proses seleksi dapat dilakukan lebih taktis dan cepat alih-alih melakukannya secara manual.

Online Assessment 

Aplikasi Rekrutmen

Sekalipun memperoleh rekomendasi dari orang yang sangat dipercaya maupun berhasil menggaet kandidat yang terlihat sangat potensial, proses rekrutmen sebaiknya tetap memberlakukan tes yang dibutuhkan. Pasalnya, tak sedikit contoh nyata seorang kandidat yang diberi kesempatan sangat mudah dan bahkan tidak perlu melakukan tes yang seharusnya diberikan justru menjadi bumerang. 

Selain tidak dapat mencapai performansi yang diharapkan, beberapa kandidat juga tidak dapat beradaptasi dengan kultur perusahaan—dan berujung resign. Kalau sudah begini, recruiter harus kerja dua kali.

Alternatif untuk melakukan tes pun sangat beragam. Ada banyak teknologi yang bisa kamu manfaatkan bahkan meski posisi kandidat sedang berada di kota atau bahkan negara lain. Contoh paling mudah adalah menggunakan platform online meeting yang memungkinkan video call atau conference. Alternatif ini cocok untuk memenuhi kebutuhan seperti user test atau user interview.

Kalau perusahaanmu memberlakukan beberapa tes lainnya, ada pula beberapa penyedia yang bisa kamu manfaatkan, seperti untuk kebutuhan tes psikologi, tes kemampuan dasar, dan lain sebagainya. 

Proses rekrutmen adalah proses yang kompleks, tetapi ada berbagai cara untuk membuatnya menjadi lebih sederhana tanpa menghilangkan bagian-bagian krusial di dalamnya. Adanya berbagai aplikasi rekrutmen akan membantu tugas recruiter dapat terselesaikan dengan lebih efisien. Dengan begitu, tim recruitment dapat lebih banyak melakukan pekerjaan lain yang bersifat lebih strategis alih-alih direpotkan dengan hal-hal repetitif yang memakan terlalu banyak waktu.

Talentics hadir untuk membantu perusahaan melakukan proses rekrutmen lebih efisien dan tepat sasaran. Tim rekrutmen menyediakan platform rekrutmen berikut online assessment untuk menjaring hingga menilai kandidat yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, kapan pun dan dari mana pun.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak

Share:

Leave a Reply

On Key
Scroll to Top

Talentics

PT. Semesta Integrasi Digital.