Table of Contents

Jelajahi platform kami sekarang

Dapatkan Insights HR terbaru dengan berlangganan Newsletter Kami

Related Posts

Passion at Work

Apakah Passion at Work Menular?

Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya, ada dua jenis passion, yaitu harmonious passion dan obsessive passion. Harmonious passion adalah

Campus Hiring : Trik Mendapatkan Kandidat ‘Early Talents’ Terbaik

Mendapatkan karyawan yang kompeten dewasa ini ternyata bisa lewat berbagai cara dan salah satunya adalah dengan campus hiring. Program ini bisa menjadi salah satu solusi yang tepat tidak hanya untuk perusahaan namun juga untuk universitas.

Proses pencarian kandidat terbaik untuk mengisi posisi yang kosong di perusahaan akan terus terjadi. Rangkaian proses pencarian melalui aplikasi LinkedIn, job portal maupun event seperti campus hiring atau job fair menjadi pilihan untuk dilakukan oleh rekruter. 

Tren SDM saat ini tidak hanya sekedar bekerja di perusahaan yang sudah besar dan outstanding, namun adapun pertimbangan lain seperti kepuasan kerja, seperti gaji, lingkungan kerja dan budayanya, hingga prospek karir kedepannya seperti apa. Bagi para rekruter yang ingin perusahaannya diisi oleh SDM yang memiliki kualitas baik dan kompetensi yang mumpuni, bisa mencoba trik campus hiring untuk hunting calon karyawan baru. 

Saat ini, mahasiswa lebih diberikan kesempatan untuk mencoba merambah di dunia pekerjaan.  Proses rekrutmen yang dilakukan langsung di kampus, baik itu untuk mahasiswa yang sudah lulus dan belum lulus disebut dengan campus hiring

Mendapatkan karyawan yang kompeten dewasa ini ternyata bisa lewat berbagai cara dan salah satunya adalah dengan campus hiring. Program ini bisa menjadi salah satu solusi yang tepat tidak hanya untuk perusahaan namun juga untuk universitas atau sekolah tinggi yang mengadakannya. Apalagi, saat ini persaingan para lulusan diploma dan sarjana semakin tinggi, namun tidak seimbang dengan jumlah lowongan pekerjaan yang tersedia.

Kegiatan campus hiring lebih dari sekedar menawarkan kesempatan atau pengalaman kerja untuk mahasiswa dan fresh graduate. Ada hal-hal yang tentunya perlu dipahami untuk mendapatkan talenta yang berkualitas sampai pada menggiring ke hiring tunnel sebelum menjadi karyawan baru di perusahaan. Campus hiring sendiri merupakan program kerja sama yang dibangun antara universitas dengan perusahaan. 

Sehingga, ketika perusahaan sedang membutuhkan tenaga kerja untuk mengisi posisi tertentu di perusahaan tersebut, maka perusahaan akan mengumumkannya ke universitas partner. Dari pengumuman tersebut, mahasiswa dapat kesempatan untuk melamar di perusahaan. Sehingga akan meningkatkan kemungkinan untuk mendapatkan pekerjaan dibandingkan tanpa menggunakan program campus hiring.  

Manfaat Campus Hiring

Peningkatan jumlah pengangguran merupakan dampak dari ketatnya persaingan yang dialami oleh fresh graduate. Sesungguhnya, ketersediaan lapangan kerja baru relatif banyak. Namun, perusahaan-perusahaan penyedia lapangan kerja pasti ingin mendapatkan karyawan yang berkualitas dan berkompetensi baik. Program campus hiring pun dapat membantu perusahaan Anda dan juga mahasiswa tingkat akhir yang sedang dalam masa siap untuk bekerja.

Berikut ini merupakan beberapa keuntungan dari pengadaan acara campus hiring:

Manfaat bagi Perusahaan

Perusahaan akan mendapatkan pekerja tambahan yaitu fresh graduate yang berkualitas. Hal ini biasanya dikarenakan standar penilaian yang ditetapkan oleh perusahaan lebih tinggi dibandingkan standar yang tersebar di media sosial. Selain itu, perusahaan bisa fokus terhadap pelamar yang memiliki kesesuaian latar belakang kandidat dan kompetensi yang dibutuhkan. Misalnya mencari akuntan di fakultas akuntansi. Dengan begitu, kemungkinan kecocokan pekerjaan dengan kandidat pun akan lebih tinggi dan kandidat juga akan bisa melakukan jobdesk dengan lebih baik sesuai dengan kemampuannya.

Manfaat bagi Universitas

Manfaat bagi universitas adalah dapat meningkatkan reputasi sebagai lembaga pendidikan yang bisa dan mampu untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten dan berkualitas. Kebanggan tersebut tentunya akan berpengaruh pada kualitas dan juga marketing bagi universitas tersebut untuk menarik calon mahasiswa baru.

Manfaat Bagi Mahasiswa

Melalui jalur campus hiring, mahasiswa akan bisa memperoleh pekerjaan dengan lebih cepat. Apalagi, saingan untuk diterima di suatu perusahaan akan menjadi akan lebih sedikit, sehingga peluang diterima menjadi lebih besar. Selain itu, mahasiswa juga bisa menunjukkan kemampuannya tidak hanya untuk perusahaan namun juga untuk meningkatkan value universitas.

Pada umumnya, program campus hiring bukan sekadar membuka lowongan kerja saja. Perusahaan yang mencari tenaga kerja baru juga akan memberikan edukasi kepada mahasiswa mengenai dunia kerja. Misalnya, bank-bank swasta yang mengadakan program tersebut akan mengisi seminar atau workshop tentang dunia perbankan. Sehingga mahasiswa pun dapat memperoleh wawasan baru untuk melengkapi ilmu mereka di bidang tersebut.

Strategi Pengaplikasian Campus Hiring

Walaupun sangat bermanfaat untuk masing-masing pihak, akan tetapi, jika tidak diaplikasikan dengan baik, dapat merugikan semua pihak. Karena hal tersebut, jika Anda hendak melakukan campus hiring, strategi berikut ini dapat membantu Anda untuk memperoleh early talents yang kompeten dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Beberapa strateginya yaitu:

Membuat List Universitas

Tentukan bidang keahlian apa yang dibutuhkan di perusahaan Anda kemudian buat daftar universitas dengan bidang studi yang berkaitan dengan bidang keahlian tersebut. Anda bisa mengunjungi kampus dengan akreditasi bidang studinya bagus, yang menghasilkan lulusan berkualitas, maupun bidang studi yang mengajarkan keahlian khusus kepada mahasiswanya dan perusahaan Anda membutuhkan keahlian tersebut.

Sebelum Anda mengajukan program campus hiring, maka Anda harus memiliki daftar kampus mana saja yang akan Anda ajak untuk bekerja sama. Bidik kampus yang sesuai dengan program yang akan perusahaan Anda jalankan. Pastikan jika kampus tersebut memiliki jurusan sesuai dengan yang perusahaan butuhkan. Dengan begitu, Anda akan lebih menghemat budget untuk program ini.

Bersama Talentics, kami akan menyediakan daftar universitas terbaik untuk Anda, sehingga akan memudahkan Anda untuk menentukan kandidat dari universitas mana yang ingin Anda rekrut.

Menyesuaikan Jadwal Kunjungan

Setelah Anda menawarkan kerja sama, Anda tentu harus mengadakan presentasi di kampus tersebut. Hal ini tidak hanya akan meyakinkan pihak kampus namun juga untuk mahasiswa dan lulusan yang hadir. Jika Anda tidak meyakinkan, misalnya perusahaan Anda mengalami defisit selama beberapa bulan, universitas dan mahasiswa juga tidak akan tertarik. Saat mengadakan presentasi di kampus tentu Anda ingin sebanyak mungkin mahasiswa dan lulusan yang datang untuk hadir. Selain harus memperhatikan keunggulan apa yang akan ditawarkan, jangan lupa untuk menentukan waktu yang tepat untuk berkunjung. 

Di masa pandemi seperti ini, rasanya akan mustahil untuk dapat menjalankan program campus hiring secara langsung, sehingga Anda dituntut untuk melakukannya secara virtual / online. Bersama dengan Talentics, Anda tidak perlu khawatir akan hal ini, karena kami memiliki koneksi dengan 160+ Universitas terbaik di Indonesia, sehingga Anda hanya perlu membidik target dan kami akan membantu Anda mencapai target tersebut dengan cara yang paling efektif dan efisien.

Melakukan Proses Seleksi Tepat Sasaran

Online assessment adalah metode yang makin banyak digunakan perusahaan untuk menguji calon kandidat pada tahap seleksi. Meski demikian banyak pula metode seleksi lainnya yang dikerjakan secara manual dan tulis tangan dengan fungsi menguji kemampuan calon kandidat pada bidang tertentu. Tentukan mana metode yang paling tepat untuk perusahaan Anda, mana yang hasilnya paling akurat, efisien biayanya, dan bisa memenuhi kuota kebutuhan karyawan baru di kantor.

Talentics menawarkan solusi rekrutmen dengan Online Assessment Tools terbaik yang dapat mengukur kemampuan kandidat dengan hasil yang akurat. Selain itu, Online Assessment Talentics dilengkapi dengan Anti-Cheat Technology yang dapat digunakan untuk memastikan bahwa setiap kandidat yang mengikuti assessment tersebut tidak dapat melakukan kecurangan saat mengerjakannya. Sehingga hasilnya pun akan sesuai dengan kemampuan kandidat tersebut.

Wawancara yang terstruktur

Setelah proses rekrutmen awal selesai, menerapkan sesi wawancara yang terstruktur akan membuat proses campus hiring berjalan dengan adil untuk semua kandidat, perusahaan juga bisa membuat pertanyaan yang lebih spesifik sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja di perusahaan. Berikan pertanyaan yang sama pada kandidat dan rekam sesi wawancara secara digital agar proses penilaian berlangsung transparan dan tanpa bias. Tingkat keberhasilan merekrut kandidat terbaik saat Campus Hiring ditentukan oleh seberapa besar anda dalam menyiapkan strategi yang tepat untuk diterapkan. 

Bersama program Campus Hiring Talentics, Anda dapat melakukan semua proses mulai dari attracting, screening, hingga assessment dalam satu platform saja. Selain itu, dengan adanya koneksi Rencanamu dengan 160+ universitas terbaik di Indonesia, akan memudahkan Anda untuk menemukan early talents yang sesuai dengan target perusahaan Anda. Proses rekrutmen pun akan menjadi lebih efisien dibandingkan sebelumnya.
 

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak

Share:

Leave a Reply

On Key
Scroll to Top

Talentics

PT. Semesta Integrasi Digital.