Table of Contents

Jelajahi platform kami sekarang

Dapatkan Insights HR terbaru dengan berlangganan Newsletter Kami

Related Posts

Lakukan Campus Hiring Untuk Menggaet Talenta Terbaik Sejak Dini

Early talents seperti Generasi Z memiliki potensi besar sebagai future leaders. Maka dari itu, tidak heran kini banyak perusahaan yang melakukan campus hiring demi memperkuat early recruitment untuk mendapatkan talented young talents.

Early talents seperti Generasi Z memiliki potensi besar sebagai future leaders. Maka dari itu, tidak heran kini banyak perusahaan yang melakukan campus hiring demi memperkuat early recruitment untuk mendapatkan talented young talents.

Campus recruitment atau biasa disebut campus hiring merupakan langkah untuk menarik, menjalin relasi, dan berinteraksi dengan para mahasiswa di perguruan tinggi dengan harapan bisa merekrutnya pada masa depan. Strategi yang dilakukan pun dapat beraneka ragam mulai dari menggelar rekrutmen kampus (campus hiring), menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi, ataupun mengadakan perhelatan di kampus guna memperkuat employer branding. 

Belakangan ini campus hiring tengah naik daun. Berdasarkan data GMAC’s Corporate Recruiters Survey 2016, 89% perusahaan di Amerika Selatan, Asia Pasifik, Eropa, dan Amerika Serikat yang menjadi responden hendak memperbanyak kunjungan ke kampus. Bahkan, jika dikerucutkan menjadi kawasan Asia Pasifik saja, 91% responden mengaku akan meningkatkan strategi recruitment yang terfokus pada campus hiring. 

Baca Juga : Inilah Beberapa Cara Terbaik untuk Menarik Generasi Z ke Perusahaan Anda

Fakta itu menunjukkan bahwa terdapat banyak manfaat yang bisa didapatkan perusahaan dalam campus hiring. Jika tidak, tentu banyak pihak yang enggan melakukannya. Kira-kira, apa sajakah itu?

1. Meningkatkan Retention Rate

Pengalaman pertama selalu lebih berarti. Hal serupa berlaku pula dalam karir seseorang. Orang cenderung mengapresiasi dan menaruh respek kepada tempat bekerja pertamanya.

Kecenderungan ini yang menjadi alasan campus hiring wajib dilakukan sekarang juga, karena apresiasi dan respek yang diberikan fresh graduate terhadap pihak yang mempekerjakannya untuk pertama kali terbilang tinggi. Pada akhirnya hal ini akan menumbuhkan produktivitas dan loyalitas.

Setelah loyalitas tumbuh, rasa ikut memiliki dan sikap bertanggung jawab karyawan akan menjadi lebih tinggi. Selain bagus untuk meningkatkan performa kerja, hal tersebut juga akan meningkatkan retention rate jika perusahaan Anda mampu memberikan kondisi kerja yang baik dan kesempatan para talenta untuk berkembang.
    
2. Memperkuat Employer Brand

Campus hiring bisa memperkuat employer brand. Menjalankannya akan membuat strategi employer branding yang Anda jalankan berjalan dengan lebih efektif. Karena perusahaan Anda berinteraksi dan menjalin relasi dengan para mahasiswa secara langsung di kampus, dengan demikian, mereka akan jadi lebih tahu tentang perusahaan Anda.

Harvard Business Review (HBR) pernah menyatakan bahwa 45% generasi muda seperti Generasi Z dan Milenial tahu tentang perusahaan dari kampus. Di sana Anda bisa menjelaskan apa sebenarnya yang dilakukan perusahaan Anda, bagaimana kultur kerjanya, serta apa saja yang bakal diperoleh jika bekerja di perusahaan Anda. Dengan demikian, perusahaan Anda lebih dikenal oleh generasi muda.

Jangan sepelekan hal tersebut. Menurut HBR, 72% generasi muda tahu tentang satu perusahaan dari teman-temannya.

3. Menghemat Gaji Karyawan

Penghematan gaji karyawan bisa diperoleh dari pelaksanaan campus hiring. Perekrutan di kampus membuat perusahaan mendapatkan fresh graduate dengan kompetensi yang bagus. Biasanya mereka akan rela mendapat gaji lebih rendah dibanding kandidat senior, asalkan memperoleh kesempatan kerja sebagai wadah mendapatkan pengalaman dan kesempatan untuk mengembangkan diri.

Oleh karena itu, mulailah untuk meyakinkan fresh graduate dengan menunjukkan berbagai kesempatan pengembangan diri yang bisa mereka diperoleh. Hal itu akan membuat mereka akan memilih bergabung ke perusahaan Anda.

4. Mendapat Kandidat Berkualitas yang Mudah Dikelola

Generasi muda seperti Generasi Z dikenal mampu memanfaatkan teknologi dengan baik. Selain itu, sebagai fresh graduate, mereka punya ide-ide segar yang bermanfaat. Anda bisa mendapatkan semuanya dengan menjalankan campus hiring.

Memiliki generasi muda di dalam perusahaan akan mempercepat adaptasi serta pemanfaatan teknologi dan digitalisasi di perusahaan. Anda pun tidak akan terlalu repot dalam mengelola karyawan. 

Baca Juga : Menyambut Gen Z di Dunia Karir: Employee Experience Sebagai Kunci Utama

Generasi Z dikenal memiliki kemandirian yang tinggi. Mereka pun lebih mudah diarahkan dibanding kandidat senior yang sudah punya pengalaman dan cara kerja khusus. Perusahaan akhirnya bisa membentuk early talents tersebut sesuai profil kandidat ideal yang diinginkan. 

Aneka keuntungan menjalankan campus hiring teramat sayang jika tidak dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Sekarang Anda bisa segera menjalankan Early Talents Recruitment bersama Talentics

Kami menghadirkan solusi rekrutmen kampus, talent engagement, dan employer branding terintegrasi. Bersama kami, campus hiring dilakukan dengan rekrutmen berbasis data, sehingga mampu menyaring early talents berkualitas secara lebih efektif. 

Kami juga akan membantu Anda mengenalkan brand kepada Generasi Z atau young talents yang berpotensi menjadi future leaders di perusahaan Anda. Hal ini tentunya akan menjadi win-win solution untuk Anda, karena tidak hanya mendapatkan talenta muda terbaik, Anda juga dapat mengenalkan Employer Brand Anda sejak dini.
 

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak

Share:

Leave a Reply

On Key
Scroll to Top

Talentics

PT. Semesta Integrasi Digital.