Table of Contents

Jelajahi platform kami sekarang

Dapatkan Insights HR terbaru dengan berlangganan Newsletter Kami

Related Posts

Passion at Work

Apakah Passion at Work Menular?

Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya, ada dua jenis passion, yaitu harmonious passion dan obsessive passion. Harmonious passion adalah

Askrindo Syariah: Menemukan Solusi Rekrutmen Eksternal Dan Internal Bersama Talentics

Case study komprehensif Askrindo Syariah menjawab dan menangani tantangan bisnis dari masa pandemi Covid19, menemukan platform untuk melakukan rekrutmen secara full online, sampai memaksimalkan potensi SDM untuk terus berinovasi.

Dalam upaya berkelanjutan untuk mengatasi tantangan bisnis yang terus berkembang, PT Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah, yang lebih dikenal sebagai Askrindo Syariah, telah mengambil langkah proaktif dalam mencari sumber daya manusia yang kompeten dan memiliki kapasitas untuk terus berkembang. Mereka berkomitmen untuk menemukan talenta terbaik serta memaksimalkan potensi SDM yang sudah ada, dengan tujuan meningkatkan produktivitas dan daya saing perusahaan.

Simak bagaimana Askrindo Syariah menjawab dan menangani tantangan bisnis dari masa pandemi Covid19, menemukan platform untuk melakukan rekrutmen secara full online, sampai memaksimalkan potensi SDM yang sudah ada untuk terus berinovasi.

Menjawab Tantangan Pandemi: Online Assessment

Sebagai salah satu perusahaan yang tidak pernah mencetak penurunan netto dan laba dalam laporan tahunannya sejak 2019, Askrindo Syariah bukan berarti dapat melenggang bebas dari tantangan era pandemi covid19 tanpa perubahan strategis, salah satunya tetap melakukan rekrutmen di tengah-tengah masa pandemi.

Kebijakan pembatasan sosial dan jarak fisik yang diberlakukan di seluruh negeri memunculkan berbagai kendala dalam pencarian bakat yang kompeten. Askrindo Syariah, seperti perusahaan lain, tetap memerlukan tambahan anggota tim, termasuk posisi strategis seperti tenaga Pemasaran sampai posisi admin di seluruh wilayah kantor cabang.

Muhamad Fajar, Gurit Eny Astuti, dan tim HR lainnya yang berdedikasi dan profesional di Askrindo Syariah, merespons perubahan ini dengan cermat. Mereka mencari alternatif online untuk menggantikan proses rekrutmen dan asesment yang biasanya dilakukan secara tatap muka.

Sebagai lembaga keuangan berbasis syariah, Askrindo memiliki nilai-nilai inti yang tak boleh dikompromikan, bahkan dalam kondisi pandemi. Tim HR Askrindo Syariah mencari platform online yang mampu menjawab tantangan ini sambil tetap menjunjung tinggi prinsip-prinsip syariah sebagai pedoman utama. Inilah kisah bagaimana peralihan ke asessment online yang membantu Askrindo Syariah menghadapi tantangan pandemi dengan tetap menghormati dan menjaga nilai-nilai perusahaan mereka.

Baca juga: Pentingnya Mengetahui Work Values yang Dimiliki Kandidat saat Proses Rekrutmen

Memaksimalkan Potensi Internal Hiring: The Right Person on The Right Place

Pada pelaksanaannya, pihak Askrindo Syariah menyatakan bahwa data dari dashboard yang mudah dipahami telah memberikan banyak manfaat, diantaranya membuat keputusan berdasarkan data yang valid, bukan hanya sekedar intuisi.

Keberhasilan dalam memaksimalkan potensi pencarian kandidat, Manajemen Askrindo Syariah tidak berhenti untuk terus melakukan strategi inovatif lainnya. Salah satunya adalah melakukan talent mapping untuk mengidentifikasi potensi dan kemampuan yang belum tergali dari karyawan yang telah ada.

Telah disebutkan diatas bahwa saringan untuk menjadi karyawan Askrindo Syariah disesuaikan dengan core values Perusahaan. Setelah karyawan masuk dan bergabung, mereka mendapat benefit dengan diberikan support kesempatan untuk menemukan dan memaksimalkan potensi yang dimiliki. Hal ini tentunya meningkatkan employee engagement secara keseluruhan dan menjadi pertanda nyata bahwa perusahaan memberi kesempatan pada karyawannya untuk terus berkembang.

Baca juga Reno Rafly: Mendobrak HR melalui “Curiosity”

Lesson Learned Menggunakan Online Assessment Sejak 2020

Askrindo Syariah mendapatkan result yang berharga dimana perusahaan dapat memahami sumber daya manusia (SDM) secara lebih komprehensif. Kini, perusahaan tidak hanya fokus pada data mengenai kelebihan karyawan, melainkan juga potensi pengembangan karyawan mencakup area yang perlu ditingkatkan guna mendukung kinerja karyawan dan perusahaan secara keseluruhan.

Salah satu contoh penerapan nyata adalah dalam proses pemilihan kandidat. Ketika terdapat tiga kandidat yang telah menjalani tahap wawancara akhir. Data tentang kelebihan, kekurangan, dan potensi kesesuaian kandidat dengan pekerjaan yang mereka lamar tersaji dengan jelas dalam sebuah tampilan yang komprehensif.

Informasi ini disampaikan kepada pihak user agar keputusan akhir mengenai perekrutan karyawan dapat disesuaikan dengan kebutuhan tim. Dengan pendekatan ini, Askrindo Syariah menunjukkan bagaimana penggunaan online assessment dapat membantu pengambilan keputusan yang lebih presisi dan relevan untuk mendukung pertumbuhan perusahaan.

Baca juga: Case Study Frisian Flag Indonesia Memangkas Waktu Rekrutmen Sebesar 60% 

Kesimpulan: Efektifitas Rekrutmen dan Online Assessment dorong peningkatan hingga 63%

Askrindo Syariah sukses mengatasi tantangan di masa pandemi melalui rekrutmen inovatif dan pengelolaan SDM yang lebih baik. Penerapan online assessment menjadi terobosan rekrutmen yang efisien dan efektif dengan peningkatan kecepatan hingga 63%. Sementara penggunaan dashboard data memberikan informasi untuk pengambilan keputusan yang komprehensif. Selain merekrut eksternal, Askrindo Syariah juga berhasil memaksimalkan potensi SDM internal melalui talent mapping dan pengembangan karyawan secara berkelanjutan dalam rangka membangun kemampuan Talent Analytics di perusahaan.

Askrindo Syariah juga tetap berpegang teguh pada nilai-nilai inti perusahaan. Pengalaman menggunakan online assessment dan meningkatkannya pada level internal hiring ini memberikan pelajaran berharga tentang pentingnya pemahaman komprehensif terhadap SDM dan penggunaan data dalam menghadapi tantangan bisnis yang akan terus berganti, memperkuat daya saing perusahaan di pasar yang berubah dengan cepat.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak

Share:

On Key
Scroll to Top

Talentics

PT. Semesta Integrasi Digital.