Table of Contents

Jelajahi platform kami sekarang

Dapatkan Insights HR terbaru dengan berlangganan Newsletter Kami

Related Posts

Passion at Work

Apakah Passion at Work Menular?

Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya, ada dua jenis passion, yaitu harmonious passion dan obsessive passion. Harmonious passion adalah

Bani Wicaksono: Memiliki Mentor Menjadi Kunci Sukses Dalam Karir

Bani Wicaksono, Head of People Operations di Female Daily Network mendapati satu benang merah yang selalu menjadi catatan pentingnya dalam bekerja secara profesional, yakni memiliki mentor.

Bani Wicaksono yang saat ini menjabat sebagai Head of People Operations di Female Daily Network, memiliki segudang pengalaman bersama mentor-mentor terbaik mulai dari perusahaan BUMN sampai dengan beberapa perusahaan berbudaya start-up yang identik dengan fast-paced environment

Dalam perjalannya menitis karier selama kurang lebih 12 tahun, terdapat satu benang merah yang selalu menjadi catatan pentingnya, yakni memiliki mentor agar dapat selalu mengasah dan memperbaiki diri secara profesional.

Memulai Karier di Bidang HR dari Jurusan Psikologi

Perjalanan Bani di dunia HR dimulai saat ia memilih untuk mengambil jurusan psikologi di Universitas Persada Indonesia 'YAI' pada tahun 2006. Program psikologi tersebut memiliki fokus yang kuat pada keahlian HR, yang sejalan dengan aspirasi kariernya.

Setelah lulus, Bani memulai karier profesional pertamanya sebagai Recruitment & Training Officer di Pertamina Retail, yang merupakan anak perusahaan dari Pertamina Persero. Memiliki tanggung jawab utama sebagai staff recruitment, beliau sudah mulai menyadari bahwa kesuksesannya dalam mengadakan proses rekrutmen tidak terlepas dari bimbingan mentor yang tidak hanya ahli dibidangnya, namun juga bisa diandalkan, rendah hati dalam berbagi pengetahuan, senantiasa memberi kesempatan untuk berkembang, namun secara tegas tidak ragu untuk mengingatkan jika salah terjadi kesalahan.

Menavigasi Tantangan Keberagaman Gender sebagai HR Practitioner

Sebagai seorang praktisi HR, Bani menghadapi tantangan unik dalam mengelola keberagaman gender di Female Daily Network, perusahaan dengan target audiens yang sebagian besarnya adalah wanita. Bani berkomitmen untuk menavigasi tantangan ini dengan pendekatan yang inklusif dan berorientasi pada career development.

Bani memahami bahwa penting untuk memperlakukan setiap individu secara adil dan berdasarkan kompetensi, kapasitas, dan kapabilitas mereka. Dalam pengembangan talenta, Bani melihat keberagaman gender bukanlah hambatan, melainkan peluang untuk membangun tim yang beragam, inklusif, dan produktif.

Temuan Menarik Bekerja di Female Daily Network

Di Bawah arahan Chief Operational Officer (COO), tanggung jawab Bani adalah menjaga dan meningkatkan efektifitas dan produktifitas organisasi & sumber daya manusia dengan merencanakan dan melaksanakan program rekrutmen, memperkuat manajemen organisasi, meningkatkan program pengembangan SDM, membangun hubungan industrial yang baik, meningkatkan sistem manajemen kinerja, mengembangkan sistem kompensasi dan benefit yang kompetitif, serta memperbarui peraturan perusahaan guna mendukung tujuan perusahaan.

6 tahun bersama Female Daily Network, Bani menemukan beberapa temuan menarik terkait potensi wanita dalam karier yang mungkin tidak ditemukan di perusahaan sebelumnya. Seperti realisasi frasa  "Who run the world? Girls!" yang semakin kentara. Di Female Daily Network, keberanian dan kegigihan wanita dalam mengambil peran kepemimpinan dan menghadapi tantangan bisnis terlihat sangat jelas.

Perlu diakui bahwa periode bulan madu dalam dunia bisnis membutuhkan effort untuk diraih,  namun tim Female Daily Network tetap bersemangat, responsif, dan agile dalam mengambil keputusan strategis untuk masa depan perusahaan. Terbukti dari seiring berjalannya waktu dan bertambahnya anggota tim, semakin banyak pula kolaborasi dari wanita hebat yang memiliki kekuatan, positive mindset, dan agility di dalam perusahaan.

Proses tersebut memberikan dampak positif pada pengembangan individu, tim, serta pertumbuhan bisnis Female Daily Network secara keseluruhan.

Pengalaman Karier Paling Rewarding: Dibimbing, Namun dapat Merdeka dalam Berpikir

Pengalaman karier Bani di Female Daily Network dan beberapa perusahaan sebelumnya telah membuktikan kebenaran peribahasa "pressure makes diamond". Beliau telah mengalami berbagai masa kejayaan dan tantangan dalam lingkungan kerja, namun tidak menjadi down atau merasa terpuruk ketika perlu menghadapi siklus tersebut.

Bani menyadari bahwa tantangan yang dihadapi merupakan peluang emas untuk terus tumbuh dan berkembang secara positif. Setiap situasi yang membutuhkan tanggung jawab besar, deadline ketat, dan pengambilan keputusan strategis menjadi momentum bagi Bani untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dan secara kontinu mengasah kualitas diri.

Para Mentor yang Bani temui sepanjang perjalanan kariernya memberikan bimbingan yang berharga dalam berbagai situasi. Bimbingan tersebut tidak hanya memberikan arahan, namun sekaligus  memberikan kebebasan kepada Bani untuk berpikir secara merdeka dan mengambil keputusan yang memberikan dampak positif tidak hanya bagi dirinya sebagai individu, namun bagi timnya, dan perusahaan secara umum.

Kesimpulan

Perjalanan karier Bani Wicaksono dalam dunia HR selama 12 tahun telah mengungkapkan pentingnya memiliki mentor yang dapat membimbing dan menginspirasi dalam mencapai kesuksesan.

Mentor-mentor yang bijaksana tidak hanya membantu Bani menghadapi masa sulit berisikan tantangan dan tekanan di lingkungan kerja, namun juga memberikan kebebasan untuk berpikir secara kreatif untuk merubah tantangan menjadi pertumbuhan perusahaan.

Temukan mentor berkualitas dalam acara HR Growth Cirlce berikutnya untuk meningkatkan pengetahuan di dunia human resources dengan tema Cracking The Gen Z Code: How to attract and recruit the best-fit talent.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak

Share:

Leave a Reply

On Key
Scroll to Top

Talentics

PT. Semesta Integrasi Digital.