Table of Contents

Jelajahi platform kami sekarang

Dapatkan Insights HR terbaru dengan berlangganan Newsletter Kami

Related Posts

Mendalami Program Management Trainee

Definisi management trainee, manfaat serta tantangan, panduan menemukan kandidat management trainee yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, pemilihan waktu d dan cara menaanggulangi masalah management trainee

Beberapa perusahaan besar dan ternama biasanya membuka lowongan pekerjaan untuk posisi management trainee pada periode tertentu. Bukan tanpa alasan, mencari kandidat untuk posisi manajer keatas dengan keterampilan, pengalaman yang relevan, dan work ethic yang sesuai dengan perusahaan bukanlah hal mudah. Kalaupun ditemukan, biasanya diperlukan upaya lebih  untuk meyakinkan kandidat yang sekarang masih menjadi manajer di perusahaan lain.

Management trainee adalah salah satu solusi untuk menemukan calon manajer dan pemimpin perusahaan untuk masa depan. Artikel ini akan membahas definisi management trainee, manfaat serta tantangan, dilengkapi dengan panduan menemukan kandidat management trainee yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan saat ini, pemilihan waktu yang tepat untuk implementasi program ini, dan cara menanggulangi kesalahan yang biasa terjadi.

Apa itu Management Trainee?

Management Trainee adalah program pelatihan dan pengembangan karier yang terstruktur bagi para fresh graduate atau individu yang pengalaman kerjanya belum mencapai level senior atau manajer dan terbilang masih berumur muda dibawah 30 tahun, biasa disingkat juga sebagai MT. Para kandidat ini akan memulai karier di bidang manajemen dengan potensi yang cukup tinggi sebagai pemimpin masa depan perusahaan.

Program management trainee memberikan kesempatan bagi kandidat untuk memperoleh pengalaman di berbagai divisi secara menyeluruh  dan pelatihan dalam berbagai aspek bisnis dan manajemen, seperti operasional, strategi bisnis, pemasaran, keuangan, dan sumber daya manusia. Setelah selesai mengikuti program management trainee, para individu terpilih biasanya langsung mendapatkan posisi strategis dimana mereka memiliki potensi dan performance terbaik.

Manfaat dan Tantangan Program Management Trainee

Semua hal mempunyai dua mata pisau yang bisa jadi bermanfaat maupun menjadi tantangan yang perlu dihadapi, adapun untuk program management trainee adalah sebagai berikut:

Manfaat Management Trainee bagi Perusahaan

  • Mengenalkan kandidat dengan lingkungan kerja dan budaya perusahaan secara lebih komprehensif sehingga mempermudah integrasi.
  • Mendapatkan investasi pada kandidat yang berpotensi, memiliki keterampilan dan pengetahuan yang akan berguna bagi perusahaan di masa depan.
  • Mempermudah pemetaan dan perencanaan jenjang karir karena sudah memiliki kandidat yang sudah terbukti kompeten, terlatih dan memahami budaya perusahaan.

Tantangan Management Trainee bagi Perusahaan

  • Hasilnya tidak bisa langsung dirasakan secara instan, perlu menunggu setidaknya satu tahun.
  • Perlu perencanaan yang matang mulai dari waktu, perekrutan, program belajar, penempatan divisi, dan hal mendetail lainnya.
  • Dapat menimbulkan masalah jika kandidat tidak sesuai dengan harapan perusahaan atau terjadinya pengunduran diri di tengah-tengah program.

Manfaat Management Trainee bagi Kandidat

  • Memperoleh keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk bersaing di pasar kerja untuk level managerial/strategis.
  • Membuka kesempatan untuk memperluas jaringan profesional dan petinggi perusahaan.
  • Mendapatkan akses untuk mengenal perusahaan dan mengenali peluang karir yang paling sesuai dengan minat dan bakat.

Tantangan Management Trainee bagi Kandidat

  • Harus memiliki motivasi dan semangat yang tinggi untuk belajar dan menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja, tim dan divisi yang baru untuk periode yang cepat.
  • Harus mampu mengatasi tekanan, keterbatasan waktu dan sumber daya untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawab yang diberikan.
  • Harus mampu berkomitmen untuk menyelesaikan masa pembelajaran sebelum akhirnya ditempatkan sesuai minat dan bakat.

3 Tahapan Memulai Program Management Trainee untuk Perusahaan 

Setelah mengetahui manfaat dan tantangan dari program management trainee bagi perusahaan maupun kandidat. Berikut adalah 3 langkah memulai program management trainee untuk perusahaan.

1.   Tahap Persiapan

  • Melakukan evaluasi kebutuhan dan tugas-tugas management trainee sesuai dengan divisi dan program perusahaan
  • Menentukan kriteria kandidat ideal dan membuat profil posisi management trainee
  • Membuat strategi proses rekrutmen dan seleksi

Baca juga: 5 Strategi Talent Acquisition untuk Menggandeng Kandidat Terbaik

2.   Tahap Rekrutmen

  • Membuat lowongan pekerjaan management trainee secara efektif
  • Melakukan screening berkas dan tes kemampuan kandidat
  • Menjalankan wawancara dan mengevaluasi kandidat terpilih

Baca juga: Jenis-Jenis Tes Kepribadian yang Biasa Digunakan dalam Tes Seleksi Kerja

3.   Tahap Implementasi

  • Menjalankan program training dan pengembangan secara terstruktur kepada management trainee yang terpilih
  • Menyediakan fasilitas mentor dan pembimbing untuk membantu MT menyesuaikan diri
  • Melakukan evaluasi secara berkala dengan cara meminta feedback dari pihak-pihak yang terlibat agar programnya bisa selalu diperbaiki

Kapan Perusahaan Harus Memulai Management Trainee?

Waktu terbaik untuk memulai program Management Trainee bagi setiap perusahaan bervariasi tergantung pada kebutuhan dan tujuan perusahaan saat ini. Namun, beberapa perusahaan memulai program ini pada saat mereka membutuhkan sumber daya manusia baru untuk mengisi posisi strategis atau memperbesar kapasitas bisnis.

Contohnya, perusahaan yang sedang tumbuh dengan terus menambah karyawan secara signifikan setiap tahunnya. Akan mendapati suatu waktu dimana perusahaan perlu mengembangkan lini bisnis baru. Memulai program management trainee pada saat bersamaan akan bermanfaat untuk cost-saving di masa depan dan mengisi kekosongan posisi manajer pada lini bisnis terbaru ini. Contoh lain, ketika perusahaan cenderung sudah stabil dan ingin mempertahankan kualitas yang sudah ada. Program management trainee dapat menjadi solusi untuk mencari kandidat-kandidat yang memiliki potensi untuk mengelola dan memimpin divisi-divisi tertentu dibanding mencari kandidat dengan posisi manajer.

Kesalahan yang Bisa Ditanggulangi

Dalam pelaksanaan sebuah sistem yang baru, selalu ada hal yang perlu diperbaiki secara terus menerus. Lebih spesifik dalam program dan implementasi management trainee, berikut adalah 3 masalah yang kerap terjadi dan cara menanggulanginya:

  • Terlalu fokus pada kualifikasi akademis

Cara Menanggulangi: Selain mengevaluasi kualifikasi akademis dan pengalaman kerja atau intern, perusahaan juga perlu melakukan tes yang komprehensif dan interview untuk mengukur kemampuan soft skill seperti kepemimpinan, kerjasama tim, adaptasi terhadap perubahan, dan digital mindset.

Talentics Insight: Skills Digital Mindset Pencari Kerja Perlu Ditingkatkan untuk Persaingan 2023

  • Terlalu memfokuskan pada kandidat yang berpengalaman

Cara Menanggulangi: Perusahaan harus memperhatikan potensi dari fresh graduate yang berdedikasi dan memiliki keinginan untuk belajar, selain itu juga perusahaan dapat melakukan program magang atau training yang cukup ketat sebelum mempekerjakan kandidat sebagai MT.

  • Kurang memahami tugas dan tanggung jawab MT

Cara Menanggulangi: : Perusahaan harus membuat deskripsi tugas dan tanggung jawab MT dengan jelas, serta melakukan sosialisasi dan training sebelum mempekerjakan kandidat sebagai MT. Perusahaan juga harus memberikan tugas yang sesuai dengan bakat dan minat MT, serta memberikan dukungan dan pelatihan untuk membantu MT mencapai potensi terbaiknya.

Talentics Insight: Siapkah Fresh Graduate dengan Dunia Kerja?

Fast Company
Harvard Business Review

Indeed

TalentVis

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak

Share:

Leave a Reply

On Key
Scroll to Top

Talentics

PT. Semesta Integrasi Digital.